SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAAKAAN MADRASYAH ALIYAH LABIBIA KENDARI



SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA
PERPUSTAAKAAN MADRASYAH ALIYAH
LABIBIA KENDARI



TUGAS AKHIR




Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh
Sebutan Vokation Ahli Madya (A.Md) Dalam Bidang
Manajemen Informatika

Oleh :
MUHAMMAD RIYAD SYAH

MI.11.059

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
POLITEKNIK INDOTEC
KENDARI
2014


HALAMAN PERSETUJUAN





Judul                                 : SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA MADRASYAH ALIYAH DDI LABIBIA KENDARI
Nama Mahasiswa                    :  MUHAMMAD RIYAD SYAH
Nomor Induk Mahasiswa       :  MI.11.059
Program Studi                         :  Manajemen Informatika
Waktu Penelitian                     :  April s.d Juni 2014


Diterangkan bahwa apa yang tertulis dalam Tugas Akhir telah melalui proses pembimbingan dan siap diajukan pada ujian tugas akhir



  
          Ketua Jurusan


Citrawati Nur Lau, S.Kom
     NIDN . 0903047802
             Kendari,                    Juni 2014
 Pembimbing


     Citrawati Nur Lau., S.Kom
      NIDN . 09060278701



HALAMAN PENGESAHAN




Tugas Akhir berjudul SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA MADSYAH LABIBIA KENDARI,  ditulis / disusun oleh  MUHAMMAD RIYAD SYAH , MI.11.033, Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Indotec Kendari, telah diujikan pada Hari Senin Tgl, 9 Juni 2014, dinyatakan diterima dan memenuhi syarat untuk memperoleh gelar ahli madya, oleh Dewan Penguji Tugas Akhir.

Ketua Penguji             :                                              

Anggota                      :                                                    
               
Pembimbing                :


Direktur Politeknik Indotec Kendari


M. Yusran Tjappe.,SE, MM
NIDN . 0901017107
Ketua Program Studi



Citrawati Nur Lau,.S. Kom
NIDN . 0903047802
                                                      

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR




            Saya yang bertandatangan dibawah ini, menyatakan bahwa skripsi yang saya serahkan untuk maju ujian sidang adalah murni hasil karya sata sendiri, bukan merupakan hasil plagiarisme ( penjiplakan ).

Apabila pada saat ujian sidang, diketahui dan terbukti bahwa Tugas Akhir ini merupakan hasil plagiarisme ( penjiplakan ) baik sebagian atau seluruh isi Tugas Akhir saya, maka POLITEKNIK INDOTEC mempunyai hak dan wewenang untuk membatalkan isi dari TA yang telah saya (sebagai peneliti) tulis dan saya bersedia menerima saksi Drop Out atau tidak dapat melanjutkan study dari Prodi Manajemen Politeknik Indotec Kendari.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sehat dan sadar tanpa adanya campur tangan ataupun tekanan dari pihak manapun juga.





Kendari,                 Juni 2014



MUHAMMAD RIYAD SYAH
NIM . MI.11.059
                                                      


KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanyalah untuk Allah SWT Penulis panjatkan. Atas rahmat dan kemudahanNya jualah sehingga penulisan Laporan Tugas Akhir ini dapat terselesaikan dengan judul “ SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK INDOTEC KENDARI “
 Laporan Tugas Akhir ini merupakan salah satu syarat dalam menempuh ujian Akhir Penulis di Program Diploma 3 Program Study Manajemen informatika Pada Politeknik Indotec Kendari
            Penulis  mengucakan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya Laporan Tugas Akhir ini kepada :
1.      Allah SWT yang maha mengasihi dan menyertai umatnya yang mau berdoa dan berusaha, yang member hidup dan menentukan sukses atau tidaknya manusia.
2.      Kepada Kedua Orang Tua Ayahanda dan ibunda tercinta, atas segala pengorbanan kasih sayang dan doa yang tak henti-hentinya yang selalu mengiringi kehidupan penulis.
3.      Ibu Asma Indahsari selaku Ketua Yayasan, YPMM Politeknik Indotec Kendari
4.      Bapak M. Yusran Tjappe, SE., MM ,Selaku Direktur Politeknik Indotec Kendari
5.      Bapak Hamzah Hamid S.Pi., MM, selaku Pembantu Direktur Politeknik Indotec Kendari
6.    Ibu Citrawati Nur Lau, S.Kom, selaku Ketua Jurusan, terima kasih atas bimbingan, masukan, dan sarannya
7.   Bapak  Jumadil Nangi.,S.Kom.,MT selaku pembimbing , terimakasih atas arahan dan bimbingan atas selesainya tugas akhir penulis
8.   Bapak dan Ibu Dosen Politeknik Indotec Kendari yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis selama pendidikan dan seluruh karyawan  Politeknik Indotec Kendari yang telah memberikan pelayanan kepada penulis sehingga laporan selesai
9.    Teman – teman seangkatan 2011 yang slalu memberikan masukan dalam menyusun  Tugas Akhir (TA) ini.
          Akhir kata penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekuranagn sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah diperlukan. Semoga laporan Tugas Akhir (TA) ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
                                                                              Kendari,       Juni 2014
 

                                                                                      Penulis
                                                                 
           
DAFTAR ISI
                                                                                                                           Hal

HALAMAN JUDUL...................................................................................... .. ii
HALAMAN PERSETUJUAN..................................................................... .. iii
HALAMAN PENGESAHAN....................................................................... .. iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................ v
KATA PENGANTAR .................................................................................. .  vi
ABSTRAK ..................................................................................................... .. viii
DAFTAR ISI.................................................................................................. .. ix
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... .. xii
DAFTAR TABEL.......................................................................................... .. xiv
BAB I        PENDAHULUAN.......................................................................... 1
A.           Latar Belakang Masalah....................................................... .. 1
B.            Rumusan Masalah................................................................ .. 2
C.            Batasan Masalah.................................................................. .. 2
D.           Maksud dan Tujuan Penelitian............................................. .. 3
E.            Manfaat Penelitian................................................................... 3
F.      Sistematika Penulisan........................................................... .. 3

BAB II       LANDASAN TEORI.................................................................. .. 5
A.          Pengertian Informasi .............................................................. 5
1.      Pengertian Sistem.............................................................. 7
2.      Pengertian Tingkatan Sistem Informasi............................ 8
3.      Sistem Informasi Berbasis Komputer................................ 9
B.     Aplikasi Dan Transaksi .............................................................  9
C.     Perancangan Dan Pengembangan Sistem .................................  9
D.    Pengertian Informasi Dan Elemen Informasi............................ 10
E.     Kualitas Informasi..................................................................... 11
F.      Perancangan Sistem................................................................... 14
1.      Pengertian Flowchart..................................................... 14
2.      Data Flow Diagram (DFD)........................................... 19

BAB III     ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM......................... .. 24
A. . Gambaran Umum Lokasi Penelitian .......................................... 24
B... Analisis Sistem .......................................................................... 25
C... Pembahasan Masalah ................................................................. 27
D... Perancangan Sistem.................................................................... 29
. 
BAB IV     IMPLEMENTASI SISTEM.......................................................... 45
A.  Perangkat Sistem Yang Digunakan ........................................ .. 45
...... 1.  Hardware .............................................................................. 45
...... 2.  Software................................................................................ 46
3. Brainware............................................................................... 46
B.  Implementasi Sistem .................................................................. 47
C. Prosedur Pengoperasian Sistem................................................... 48
D. Pengujian Sistem.......................................................................... 57

BAB V       PENUTUP....................................................................................... 60
A.    Kesimpulan.............................................................................. .. 60
B.     Saran........................................................................................ .. 61
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


DAFTAR GAMBAR

  Hal
Gambar 3.1       Diagram Konteks Sistem Informasi Peminjaman Buku......... 30
Gambar 3.2       Data Flow Diagram level 0 ................................................... 31
Gambar 3.3       Data Flow Diagram Rinci Input............................................ 32
Gambar 3.4       Data Flow Diagram Proses ................................................... 33
Gambar 3.5       Rancangan Layar Menu Login....................................... ....... 37
Gambar 3.6       Rancangan Menu Utama........................................................ 38
Gambar 3.7       Rancangan Informasi Data Buku .......................................... 39
Gambar 3.8       Rancangan Identitas Anggota Perpustakaan ........................ 40
Gambar 3.9       Rancangan Peminjaman Buku .............................................. 41
Gambar 3.10     Rancangan Pembayaran Denda ............................................ 42
Gambar 3.11     Rancangan Laporan Data Perpustakaan ............................... 43
Gambar 3.12     Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan.......................... 43
Gambar 3.13     Rancangan Laporan Peminjaman Buku ................................ 43
Gambar 3.14     Rancangan Laporan pembayaran Denda .............................. 44
Gambar 4.1       Tampilan Form Login ............................................................ 49
Gambar 4.2       Tampilan Menu Utama........................................................... 50
Gambar 4.3       Tampilan Form Informasi Data Buku.................................... 51
Gambar 4.4       Tampilan Form Informasi Anggota........................................ 52
Gambar 4.5       Tampilan Form Peminjama Buku........................................... 53
Gambar 4.6       Tampilan Form Pembayaran Denda....................................... 54
Gambar 4.7       Laporan Stok Buku................................................................ 55
Gambar 4.8       Laporan Anggota  Perpustakaan............................................ 56
Gambar 4.9       Laporan Peminjam Buku........................................................ 56
Gambar 4.10     Laporan Pembayaran Denda.................................................. 57


DAFTAR TABEL
                                                                                                                               Hal
Tabel 3.1     Tabel Data Buku..........................................................................    34
Tabel 3.2     Tabel Identitas Anggota Perpustakaan........................................    35
Tabel 3.3     Tabel Peminjaman Buku .............................................................    35
Tabel 3.4     Tabel Pembayaran Denda ...........................................................    36



A.          Latar Belakang Masalah
Perpustakaan adalah suatu tempat, gedung atau ruangan untuk menyimpan buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang diorganisasikan dan diadministrasikan untuk bacaan, konsultasi dan studi.
Perpustakaan di Madrasyah Aliyah Labibia Kendari merupakan perpustakaan yang mengkhususkan dalam menyediakan buku-buku pelajaran dan buku pengetahuan lainnya. Semua siswa siswi  diwajibkan menjadi anggota perpustakaan.
Proses-proses yang dilakukan saat ini masih manual hal tersebut menyebabkan lambatnya dalam pencarian data, layanan sirkulasi maupun pembuatan laporan. Untuk memenuhi pelayanan yang baik dan efisien terhadap para anggotanya, perpustakaan memerlukan suatu sistem informasi yang dapat membantu para anggota dalam mencari informasi/referensi tentang data-data buku yang diperlukan.
Suatu perpustakaan juga membutuhkan suatu sistem untuk mengumpulkan data, mengolah data, menyimpan data, melihat kembali data dan menyalurkan infomasi yang baik, salah satunya adalah memiliki keakuratan data yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, usaha yang harus dilakukan perpustakaan adalah pemanfaatan teknologi informasi seperti komputer beserta program-program aplikasi lainnya disamping peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan sistem.
Hal tersebut diharapkan dapat memperbanyak jumlah anggota. Selain itu juga dapat membantu petugas perpustakaan dalam pengolahan data dan penyusunan laporan secara cepat dan akurat.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis merancang sebuah system yang berjudul “ SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN MADRASYAH  ALIYAH LABIBIA KENDARI “.
Perancangan pada tugas akhir ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0 yang merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis yang penulis ketahui.
B.           Rumusan Masalah
Berdasarkan pembahasan diatas maka dirancanglah Sistem Informasi Peminjaman Buku di perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia Kendari sehingga pada saat proses peminjaman buku oleh siswa dapat dilakukan penginputan data peminjam dengan meninggalkan system yang lama yaitu manual, ke system yang lebih baik.
C.          Batasan Masalah
Perancangan system informasi peminjaman pada perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia Kendari meliputi beberapa batasan masalah diantaranya adalah proses transaksi peminjaman buku oleh siswa terhadap staff atau petugas perpustakaan dengan mengunakan database Microsoft Access 2007 dan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0
D.                            Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merancang suatu system yang dapat memudahkan petugas perpustakaan melakukan transaksi peminjaman buku terhadap siswa Madrasyah Aliyah Labibia Kendari.
E.                             Manfaat Penelitian
Perancangan dan implementasi system terkomputerisasi diharapkan dapat bermanfaat :
1.      Untuk Instansi
Agar aplikasi yang dirancang dapat memudahkan petugas perpustakaan dalam hal peminjaman buku kepada siswa Madrasyah Aliyah Labibia Kota Kendari
2.      Untuk Mahasiswa
Menambah wawasan tentang bagaimana merancang suatu aplikasi yang berbasis program dan penelitian ini dapat pula dijadikan referensi yang berguna bagi peneliti selanjutnya
F.                 Sistematika Penulisan
Untuk    memperoleh    penulisan     yang     singkat,     padat    dan    jelas,   maka    penulisan     laporan   tugas    akhir    ini    disajikan   kedalam  V ( lima) bab dengan perincian sebagai berikut :

BAB I        PENDAHULUAN
Berisi Latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian,  manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II       LANDASAN TEORI
Berisi dasar-dasar teori atau kaidah-kaidah dan konsep teknologi yang digunakan dalam penyelesaian permasalahan pada penelitian tugas akhir ini, langkah-langkah dan prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan penelitian .
BAB III     ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Berisi hasil studi literatur dan analisa data yang diperlukan dalam perancangan sistem informasi yang terdiri dari Analisis Masalah, Pembahasan Masalah dan Desain Sistem.
BAB IV     IMPLEMENTASI SISTEM
Berisikan tentang penjelasan dari Perangkat system yang digunakan berupa Hardware dan Software , Prosedur pengoperasian Sistem dan pengujian system yang dirancang
BAB V       PENUTUP
Berisi kesimpulan dari penulisan dan saran-saran bagi pengembangan sistem ini lebih lanjut.
 


A.                Pengertian Informasi
Sistem informasi perpustakaan  merupakan sistem informasi yang menyimpan berbagai hal tentang informasi  yang terdapat dalam perpustakaan. Sistem informasi ini digunakan oleh para pengunjung, karyawan dan administrasi. Informasi-informasi mulai dari data buku, pengarang, peminjam dan lain-lain. Sehingga dalam prosesnya dapat membantu manajemen perpustakaan.
Untuk  mendukung terselenggaranya sisten informasi perpustakaan yang baik, diperlukan beberapa  perlengkapan pendukung  yaitu  perlengkapan bahan  perpustakaan, perlengkapan  di layanan teknis , perlengkapan di layanan perpustakaan, kotak untuk kartu anggota dan
perlengkapan lainnya.
Pada kenyataannya, tugas dan fungsi perpustakann tersebut di atas belum dapat dilakukan dengan optimal oleh pihak perpustakaan. Hal ini dikarenakan berbagai kendala yang terkadang sulit dipecahkan misalnya dalam pemenuhan kebutuhan sumberdaya manusia dan sarana dalam pelaksanaan tugas. Adanya aturan-aturan  panjang dalam rangka pengadaan sumberdaya manusia  atau peralatan perpustakaan. Selain itu, perbandingan antara pemakai yang dilayani dengan petugas yang ada belum sesuai. Petugas dengan kualifikasi  pendidikan selain ilmu perpustakaan, kadang kurang pas ditempatkan di perpustakaan, atau mutasi petugas yang tidak berkenaan dengan peran perpustakaan. Akibatnya, peranan sebagai pelayan perpustakaan  dijalankan dengan kurang maksimal karena kurangnya penghayatan/pemahaman tentang perpustakaan. Akhirnya pelayanan yang diberikan kurang ikhlas/sabar. Padahal, peran petugas (dalam hal ini pustakawan)  sangatlah  menentukan berfungsi tidaknya sebuah perpustakaan. Asumsi kita, apabila pengguna perpustakaan mau menggunakan perpustakaan lebih dari sekali, maka dapat diartikan bahwa perpustakaan berfungsi dalam menjalankan tugasnya, dan pengguna paham peran perpustakaan untuk kepentingannya.
Perpustakaan sekolah juga sering disebut sebagai perpustakaan khusus. Hal ini dikarenakan perpustakaan sekolah pada umumnya khusus melayani siswa siswi madrasyah.  Di samping itu, koleksi yang dimiliki perpustakaan sekolah pun khusus untuk konsumsi siswa maupun guru. Bila dibandingkan dengan perustakaan umum, maka perpustakaan sekolah  memiliki kelebihan berupa hasil-hasil karya siwa pada saat melakukan tugas dari guru maupun hasil karya tulis siswa.
1.      Pengertian Sistem
Sistem diperlukan dalam suatu unit usaha agar tujuan dapat dicapai dengan melakukan kegiatan bersama-sama oleh berbagai unsur. Menurut Robert and Vijay (2005:7), pengertian sistem adalah sebagai berikut: " Sistem  merupakan  suatu  cara tertentu  dan   bersifat  repetitif  untuk melaksanakan suatu atau kelompok aktivitas".
Sementara  itu,  Romney  and Steinhart  (2006:2)  menyatakan  bahwa  pengertian sistem adalah sebagai berikut : " Sistem adalah rangkaian dari dua atau Iebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan". Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem merupakan sekumpulan unsur atau  elemen,  cara  tertentu   yang  saling   berkaitan   dan  mempengaruhi   dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.
2.      Pengertian Tingkatan Sistem Informasi
Beberapa jenis sistem informasi berbasis Teknolgi Informasi yang dikembangkan berdasarkan lini manajerial. Masing-masing dari Sistem Informasi tersebut memiliki fungsi dan manfaat bagi tiap tingkatan manajerial. Adapun tingkatan Sistem Informasi tersebut adalah:
a.       Sistem Pemrosesan Transaksi, merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, dimana sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi termasuk untuk pemprosesan transaksi. Pada system ini data yang dimasukkan adalah data-data transaksi yang terjadi.
b.      Sistem Informasi Manajemen (SIM), SIM adalah sebuah kelengkapan pengelolaan dari proses-proses yang yang menyediakan informasi untuk manajer guna mendukung operasi-operasi dan pembuatan keputusan dalam sebuah organisasi.
c.       Sistem Penunjang Keputusan (SPK), merupakan peningkatan dari SIM dengan penyediaan prosedur-prosedur khusus dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajer dalam memperoleh alternatif-alternatif keputusan.
d.      Sistem Informasi e-busines, dibangun untuk menjawab tantangan pengintegrasian data dan informasi dari proses bisnis berbasis internet.
3.      Sistem Informasi Berbasis Komputer
Keuntungan utama dari teknologi sistem informasi ini adalah waktu untuk menghasilkan informasi lebih singkat sehingga menghasilkan informasi dengan tingkat keakuratan yang lebih tinggi.
B.                 Aplikasi dan Transaksi
1.      Aplikasi adalah program yang menentukan aktifitas pemrosesan informasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas-tugas khusus dari pemakai computer.
2.      Transaksi
Transaksi adalah berbagai kegiatan yang terjadi sebagai bagian dari aktifitas bisnis seperti penjualan, pembelian, penyimpanan, Penarikan, pengembalian, dan pembayaran
C.                Perancangan Dan Pengembangan Sistem
1.      Pengertian Perancangan sistem
Dalam perancangan sistem dapat diartikan menyususn sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang telah ada. Sistem yang lama diperlukan perbaikan karena adanya permasalahan yang timbul pada sistem yang lama. Menurut Al Fatta, (2007:24), “ Perancangan suatu system adalah penjelasan secara detail tentang bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi diimplementasikan “. Menurut Mulyadi 92001 : 1), 
 “ Perancangan sistem adalah proses penerjemahan kebutuhan pemakai informasi kedalam alternative rancangan system informasi yang diajukan pada pemakai informasi sebagai pertimbangan” .
2.      Pengembangan Sistem
Pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui analis system dalam pengembangan system informasi ( Mulyadi,2001:36). Begitu pula dengan Lonnie and Kevin (2004:78) berpendapat bahwa sistem merupakan satu set aktifitas, metode, praktik terbaik, dan peralatan terotomatisasi yang digunakan para stakeholder untuk mengembangkan dan secara berkesinambungan memperbaiki sistem informasi dan perangkat lunak.
D.                Pengertian Informasi, dan Elemen Informasi
a.       Informasi adalah  data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi dari input -  proses – output.
b.      Data merupakan awal material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya  bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya.
c.       Representasi informasi merupakan pelambangan informasi, misalnya: representasi biner.
d.      Kuantitas informasi merupakan satuan ukuran informasi. Tergantung representasi. Untuk representasi biner satuannya berupa bit, byte, word dll.
e.       Kualitas informasi merupakan  bias terhadap error, karena terjadinya  kesalahan cara pengukuran dan pengumpulan, kegagalan mengikuti prosedur prmrosesan, kehilangan atau data tidak terproses, kesalahan perekaman atau koreksi data, kesalahan file histori/master, kesalahan prosedur pemrosesan ketidak berfungsian sistem.
f.       Umur informasi adalah  kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagi penggunanya. Ada condition informasion  (mengacu pada titik waktu tertentu) dan operating information (menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
E.                 Kualitas Informasi
Kualitas Informasi Tergantung 3 hal yaitu :
a.    Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
b.   Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
c.    Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Nilai Informasi ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Sehingga Definisi Sistem Informasi adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. atau Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung  operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.
Dari definisi di atas terdapat beberapa kata kunci :
1.      Berbasis Komputer dan Sistem Manusia/Mesin
-          Berbasis komputer: perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi
-          Sistem manusia mesin: ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memroses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/manual sistem.
2.      Sistem Basis Data Terintegrasi
-          Adanya penggunaan basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base manajemen system.
3.      Mendukung Operasi
-          Informasi yang diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.
Semuanya mengacu pada sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan suatu organisasi.
Menurut Robert A. Leitch (2009 : 15) Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Komponen Fisik Sistem Informasi :
1.      Perangkat keras komputer berupa  CPU, Storage, perangkat Input/Output, Terminal untuk interaksi, Media komunikasi data
2.      Perangkat lunak komputer merupakan  perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitinya), perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi dan lain - lain).
3.      Basis data  merupakan penyimpanan data pada media penyimpan komputer.
4.      Prosedur merupakan langkah-langkah penggunaan sistem
5.      Personil untuk pengelolaan operasi (SDM), meliputi:
-          Clerical personnel (untuk menangani transaksi dan pemrosesan data dan melakukan inquiry = operator);
-          First level manager untuk mengelola pemrosesan data didukung dengan perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out-of-control dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah.
-          Staff specialist digunakan untuk analisis untuk perencanaan dan pelaporan.
-          Management untuk pembuatan laporan berkala, permintaan khusus, analisis khusus, laporan khsusus, pendukung identifikasi masalah dan peluang
F.                 Perancangan Sistem
1.      Pengertian Flowchart
Programmer menggunakan flowchart program untuk  menggambarkan urutan instruksi dari program komputer. Analis Sistem menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi.
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahasa pemrograman.

1.      Simbol - Simbol Flowchart

Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain :
a.       Flow Direction symbol
Yaitu simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain. Simbol ini disebut juga connecting line.



b.      Terminator Simbol
Yaitu simbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu kegiatan


c.       Connector Simbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses dalam lembar / halaman yang sama.


d.      Connector Simbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.



e.       Processing Simbol
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer



f.       Simbol Manual Operation
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer


g.      Simbol Decision
Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.



h.                  Simbol Input - Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya



i.        Simbol Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard


j.        Simbol Manual Input

Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard



k.      Simbol Preparation
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.



l.         Simbol Predefine Proses
Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian (sub-program)/prosedure



m.    Simbol Display
Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.


n.      Simbol Disk and On Line Storage
Simbol yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.


o.      Simbol Magnetic Tape Unit
Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetik atau output disimpan ke pita magnetik.



p.      Simbol Punch Card
Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu



q.      Simbol Dokumen
Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk  kertas atau output dicetak ke kertas.

2.      Data Diagram Flow (DFD)
a.       Pengertian Data Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram atau sering disingkat DFD adalah perangkat-perangkat analisis dan perancangan yang terstruktur sehingga memungkinkan peng-analis sistem memahami sistem dan subsistem secara visual sebagai suatu rangkaian aliran data yang saling berkaitan.
Didalam DFD terdapat 3 level, yaitu :
1.   Diagram Konteks menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat di dalam suatu sistem. Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.
2.  Diagram Nol (diagram level-1)  merupakan satu lingkaran besar yang mewakili lingkaran-lingkaran kecil yang ada di dalamnya. Merupakan pemecahan dari diagram Konteks ke diagram Nol. di dalam diagram ini memuat penyimpanan data.
3.   Diagram Rinci  merupakan diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram Nol.

b.   Fungsi Data Flow Diagram (DFD)
Adapun Fungsi dari Data Flow Diagram adalah :
a.       Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.
b.       DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
c.        DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
c.         Simbol Data Flow Diagram
1. Simbol Data Store Komponen ini digunakan untuk membuat model sekumpulan paket data dan diberi nama dengan kata benda jamak, misalnya Mahasiswa. Data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan-penyimpanan, seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan secara komputerisasi, misalnya file disket, file harddisk, file pita magnetik. Data store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual seperti buku alamat, file folder, dan agenda.

Data Store
 







2.   Simbol Proses merupakan Komponen Proses
Komponen proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output. Proses diberi nama untuk menjelaskan proses/kegiatan apa yang sedang/akan dilaksanakan. Pemberian nama proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang membutuhkan obyek), seperti Menghitung Gaji, Mencetak KRS, Menghitung Jumlah SKS.
Proses
 







3.      Simbol Flow alur data digambarkan dengan anak panah, yang menunjukkan arah menuju ke dan keluar dari suatu proses. Alur data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya.
Flow
 






4.      Simbol Entity  merupakan kesatuan dilingkungan luar sistem yang bias berupa orang, organisasi atau sistem lain
Entity
                             


ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

A.                Gambaran Umum Lokasi Penelitian
Madrasyah Aliya Labibia Kendari adalah salah satu salah satu Madrasyah di kota kendari yang terletak di Kecamatan Labibia Kendari. Dimana Madrasyah tersebut mempunyai suatu bentuk layanan yang disebut perpustakaan sekolah dikarenakan pada setiap sekolah pasti mempunyai layanan terhadap siswa layanan perpustakaan, dimana perpustakaan sebagai wadah lain selain proses belajar mengajar didalam kelas, perpustkaan juga sebagai wadah lain yang dapat memberikan pengetahuan berupa informasi dalam media kertas maupun media data lainnya.  Perpustakaan Madrasyah Aliya Labibia mempunyai beberapa koleksi buku dan majalah yang disimpan dan diatur secara baik, koleksi yang disiapkan berupa buku yang bersifat umum, informatika, manajamen, matematika, majalah, dan masih banyak lagi, yang tentu saja dari koleksi tersebut akan selalu mendapatkan koleksi-koleksi tambahan lain sehingga pada saat mahasiswa membutuhkan literatur mereka dapat mendapatkan pada perpustakaan tersebut.

B.                 Analisis Sistem
Perpustakaan adalah suatu ruang yang terdapat buku-buku yang disusun berdasarkan sistem tertentu untuk digunakan sebagai media mencari ilmu dan wawasan setiap orang. Seiring dengan bertambahnya waktu maka ilmu pengetahuan juga berkembang dengan pesat sehingga inventaris buku pada perpustakaan juga akan semakin bertambah, begitu pula dengan anggota perpustakaan yang secara linier juga akan bertambah. Maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menampung dan mengakses semua data-data tersebut secara cepat dan tepat.
Sebagai solusinya, data-data tersebut dibuat komputerisasi dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan yang data-datanya dapat dimasukkan ke dalam database sehingga memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari informasi buku yang diinginkan dan pendataan buku-buku yang dilakukan semuanya dengan komputerisasi. Sehingga analisis dalam hal ini sangat diperlukan agar ada sistem yang baku yang dapat memudahkan hal tersebut.
Pengertian analisis sistem adalah Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan , kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting , karena kesalahan didalam tahap ini akan menyebabkan kesalahan ditahap berikutnya.



Alasan perlunya dilakukan analisis sistem :
1.      Problem-solving adalah sistem lama tidak berfungsi sesuai dengan kebutuhan.  Untuk itu analisis diperlukan untuk memperbaiki sistem sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.
2.     Kebutuhan  baru adalah adanya  kebutuhan  baru  dalam  organisasi  atau  lingkungan sehingga  diperlukan  adanya  modifikasi  atau  tambahan  sistem  informasi  untuk mendukung organisasi.
3.      Mengimplementasikan ide atau teknologi baru.
4.      Meningkatkan performansi sistem secara keseluruhan
Didalam analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analisis system, adalah Identify ( Menentukan Masalah), Understand ( Memahami masalah ), Analyze ( Menganalisa system ), dan Report ( Laporan Hasil Analisis ).
Adapun dari hasil Identifikasi masalah pada Perpustakaan Politeknik Indotec kendari adalah sebagai berikut :
1.      Tidak adanya sistem komputerisasi mengenai data buku, data peminjam, dan tata kelola administasi yang peminjaman buku yang baik
2.      Tidak terdapat laporan perihal administrasi perpustakaan
3.      Sering terjadi kesalahan informasi mengenai stok buku perpustakaan pada saat mahasiswa akan melakukan peminjaman buku, yang dikarena pencatatan stok hanya dilakukan secara manual atau pencatatan melalui buku besar peminjam
Adapun deskripsi sistem peminjaman buku di suatu perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia  adalah : 
1.      Pada saat pendaftaran, identitas anggota diserahkan ke petugas untuk dicatat jika belum terdaftar, lalu dibuatkan kartu anggota. 
2.      Proses peminjaman diawali dengan menyerahkan kode buku pinjaman dan kartu anggota ke petugas administrasi perpustakaan 
3.      Petugas akan memeriksa buku yang dipinjam, jika ada, buku pinjaman akan dicatat pada catatan peminjaman buku, kemudian dibuatkan bukti peminjaman buku untuk peminjam. 
4.      Kartu buku disimpan petugas dan Buku beserta bukti peminjaman diterima peminjaman
5.      Sistem ini harus dapat menghasilkan laporan peminjaman untuk Pimpinan dan daftar pengeluaran buku untuk Bagian pengadaan.
6.      Buku-buku yang tersedia diperoleh dari bagian pengadaan

C.                Pembahasan masalah
1.      Kaidah – kaidah Pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
1.      Input berupa bahan mentah
2.      Proses pengolahan
3.      Output berupa bahan jadi.
Jalannya penelitian ini dapat dilakukan dengan melalui tahapan sebagai berikut :
1.      Membahas sistem yang berjalan / lama
Tujuannya adalah untuk mempertegas bentuk logika sistem lama/berjalan secara konseptual sebagai bahan acuan untuk menyusun rancangan baru/usulan
2.      Menentukan kebutuhan sistem yang baru atau usulan sistem
Tujuannya adalah mengklasifikasikan hasil rekomenasi dari sistem yang lama untuk dijasikan bahan perbandingan antara sistem lama dengan sistem baru
3.      Merancang sistem yang baru atau usulan sistem
Tujuannya adalah mengambarkan serta mewujudkan logika sistem yang akan dirancang dalam market diagram.
D.                Perancangan Sistem
1.      Data Flow Diagram (DFD) 
Desain sistem merupakan suatu cara untuk membangun program aplikasi dengan rancangan-rancangan data tertentu yang berkaitan dengan program aplikasi yang akan dibangun dan diimplementasikan.
a.       Diagram Konteks
Diagram konteks adalah suatu gambaran sistem yang menghubungkan arus dari suatu entitas ke proses sebelumnya ke entitas lainnya. Diagram konteks terdiri dari sebuah simbol proses tunggal yang digambarkan oleh sebuah sistem. Dan dari  analisis sistem diatas maka penulis merancang suatu sistem dimana semua pencatatan manual akan dimaksimalkan dengan menggunakan aplikasi komputer. Adapun rancangan diagram konteks yang dibuat adalah sebagai berikut :
 










          Diagram 3.1 Diagram Konteks Sistem Informasi Peminjaman Buku
b.      Diagram Level Nol
Adapun tampilan diagram level nol pada diagaram data flow adalah sebagai berikut :







 










Gambar  3.2 Data Flow Diagram Level 0
c.       Diagram Rinci Input








 












Gambar 3.3 Data Flow Diagram Rinci Input





d.      Diagram Rinci Proses dan Laporan

















 









Gambar 3.4 Data Flow Diagram Terinci







2.      Rancangan Data
Rancangan Data merupakan proses desain file data berupa tabel-tabel yang saling berhubungan sehingga membentuk satu basis data yang digunakan untuk pengambilan atau pengaksesan data sebagai informasi khususnya data. Adapun table - tabel yang digunakan dalam rancangan table Sistem Informasi Peminjaman adalah sebagai berikut :
1.      Table Data Buku
Table Data buku terdiri dari 6 Field dan yang berfungsi sebagai Primary Key adalah Kode_Buku
Tabel 3.1 Tabel Data Buku

NO
Nama Field
Tipe
Panjang
Ket
1
Kode_Buku
Text
20
Primary Key
2
Nama_Buku
Text
40

3
Pengarang
Text
40

4
Penerbit
Text
40

5
Tahun_Terbit
Number


6
Stok
Number



2.      Tabel Anggota Perpustakaan  
Tabel ini terdiri dari 4 Field yang digunakan sebagai data input Identitas anggota baru perpustakaan dan yang berfungsi sebagai primary Key adalah NIS ( Nomor Induk Siswa )
                         Tabel 3.2  Tabel Anggota Perpustakaan

NO
Nama Field
Tipe
Panjang
Ket
1
NIM
Text
20
Primary Key
2
Nama
Text
40

3
Alamat
Text
40

4
No_Hp
Number



3.   Tabel Peminjaman Buku
Tabel Peminjaman buku terdiri dari 7 Field dimana yang berfungsi sebagai Primary Key adalah No_Peminjaman

                   Tabel 3.3  Tabel Peminjaman Buku

NO
Nama Field
Tipe
Panjang
Ket
1
No_Peminjaman
Text
20
Primary Key
2
Nama_Buku
Text
40

3
Jumlah_Pinjam
Number
5

4
Nama_Peminjam
Text
40

5
Tanggal_Pinjam
Date/Time


6
Tanggal_Kembali
Date/Time


7
Lama_Pinjam
Numer
5




4.                  Tabel Pembayaran Denda
Tabel Pembayaran Denda terdiri dari 4 Field dimana yang berfungsi sebagai Primary Key adalah No_Slip
               Tabel 3.4   Tabel Pembayaran Denda
NO
Nama Field
Tipe
Panjang
Ket
1
No_Slip
Text
20
Primary Key
2
Nama_Buku
Text
40

3
Nama_Peminjam
Text
40

4
Total
Currency
40


3.      Rancangan Antar Muka
Rancangan antar muka merupakan proses pendesainan program berupa menu yang terstruktur, layar menu yang baik, model penginputan yang mudah, hasil keluaran yang lengkap dan jelas. Hal ini untuk memudahkan pemakai dalam memanipulasi data sebagai informasi
1.      Rancangan Layar Menu Login
Rancangan Menu Login merupakan rancangan yang nantinya akan digunakan sebagai layar utama pada saat program Run atau dijalankan, maksud ketika user menggunakan program tersebut secara otomatis layar menu tersebut yang pertama kali akan muncul agar pemakai atau user lebih mudah dalam mengoperasikannya.









Masukkan Username dan Password anda



Username
:












Password
:
















Masuk


Gambar 3.5  Rancangan Layar Menu Login

2.      Rancangan Menu Utama Program
Menu Utama Program adalah tampilan menu program memberikan informasi kepada user untuk mendapatkan program tersebut, pada menu utama sudah dilengkapi informasi-informasi mengenai prosedur penggunaan program. Adapaun tampilan menu utama program adalah sebagai berikut :






Laporan




 Lap. Informasi Buku




 Lap. Anggota Perpustakaan




 Lap.Peminjaman Buku




 Lap. Pembayaran denda





Informasi Buku
Anggota Perpustakaan
Peminjaman buku
Pembayaran Denda











LOGO MADRASYAH






                        Gambar 3.6  Rancangan Menu Utama

3.       Rancangan Informasi Data Buku
Rancangan ini digunakan untuk penginputan data buku yang ada diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia  yang dilengkapi dengan menu pencarian data buku yang telah diinput sebelumnya adapun rancangan informasi data buku adalah sebagai berikut :
















 Aplikasi Perpustakaan Buku





Madrasyah Aliya Labibia Kendari  












Data Buku



Cari Data  Buku










 Kode Buku



Kode Buku
Cari


 Judul Buku







 Pengarang



Database Buku


 Penerbit



Kode Buku
Nama Buku
Pengarang

 Tahun Terbit







 Stock Buku















 Tombol















Tambah
Edit
Hapus
Keluar













             Gambar 3.7  Rancangan Informasi  Data Buku

4.      Rancangan Input Anggota Perpustakaan
Rancangan ini digunakan sebagai proses penginputan identitas anggota baru perpustakaan sebagai syarat menjadi anggota perpustakaan adapun racangan antar muka yang di desain adalah sebagai berikut :


Aplikasi Perpustkaan Buku
Madrasyah Aliyah Labibia Kendari












Identitas Anggota

Daftar Anggota Perpustakaan






 NIS


NIS
Nama
Alamat
 Nama





 Alamat





 No Hp












Tambah
Edit
Hapus
Keluar








                           Gambar 3.8  Rancangan  Anggota Perpustakaan

5.      Rancangan Input Peminjaman Buku
Rancangan ini didesain sebagai model form transaksi peminjaman antara siswa dan petugas atau staf yang ada diperpustakaan adapun rancangan yang didesain adalah sebagai berikut :







 Aplikasi Perpustakaan Buku








Madrasyah Aliya Labibia Kendari

















Peminjaman Buku





















NO Peminjaman





















Nama Buku







Tambah













Stock Buku







Edit













Jumlah Pinjam



Sisa stock



Hapus













Nama Peminjam







Keluar













Tanggal Pinjaman





















Tanggal pengembalian





















Cari Nama Buku










No Peminjam

Nama Buku

Jumlah Pinjaman

Nama Peminjam



























































Gambar 3.9   Rancangan Peminjaman Buku

6.      Rancangan Pembayaran Denda
Rancangan ini didesain untuk anggota perpustakaan yang melakukan peminjaman tetapi melakukan kelalaian maka anggota yang melakukan hal tersebut akan dikenakan sangsi berupa sangsi denda adapun rancangan yang dibuat adalah sebagai berikut :


 Aplikasi Perpustakaan Buku





Madrasyah Aliya Labibia Kendari











Data Buku




Tambah










Slip Bayar




Edit










Nama Buku




Hapus










Nama Peminjam




Keluar


















Harus Membayar Karena


Terlambat

Hilang

Rusak



Dikembalikan













              Gambar 3.10  Rancangan Pembayaran Denda

7.      Rancangan Laporan Data Buku
Laporan Data Buku Perpustakaan Madrasya Aliya Labibia  Kendari
Kd_Buku
Nama_Buku
Pengarang
Penerbit
Tahun Terbit
Stock








Gambar 3.11 Rancangan  Laporan Data Perpustakaan
8.      Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan

Laporan Anggota Perpustakaan
NIM
Nama Anggota
Alamat
No Hp














                       Gambar 3.12  Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan

9.      Rancangan Laporan Peminjam Buku

Laporan Data Peminjam Buku Pepustakaan
Madrasyah Labibia Kendari

No
Peminjam
Nama
Buku
Jumlah
Pinjam
Nama
Peminjam
Tangal Peminjam
Tanggal
Pengembalian
Lama
Pinjam






























Gambar 3. 13  Rancangan Laporan Data Peminjam Buku
10.   Rancangan Laporan Pembayaran Denda

Laporan Pembayaran Denda

Slip
Nama_Buku
Nama_Peminjam
Total













                    Gambar 3.14  Rancangan Laporan Pembayaran Denda




BAB IV
IMPLEMENTASI SISTEM

A.                Perangkat sistem yang digunakan
1.      Hardware
Perangkat Keras adalah peralatan-peralatan fisik yang menunjang berdirinya sebuah komputer. Secara umum perangkat keras sistem komputer terdiri dari keyboard (papan ketik), monitor (layar), CPU, dan Printer.
Perangkat keras untuk pengolahan data komputer terdiri dari atas perlengkapan yang mengerjakan fungsi berikut:
1) Penyimpanan data
2) Memasukkan data pada komputer
3) Komputasi, pengendalian, dan penyimpanan utama
4) Keluaran dan komputer
Untuk memperoleh hasil yang baik, maka perlu diperhatikan beberapa hal yaitu :
a.       Satu unit personal computer/Laptop
b.      Memori minimal 256 MB
c.       Harddisk sesuai kebutuhan
d.      Printer, Mouse dan Keyboard

2.      Software
Perangkat Lunak  merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.  Perangkat lunak komputer berfungsi untuk mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol, mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Untuk sIstem ini diperlukan perangkat lunak yaitu :
a.       System Operasi Windows XP atau versi yang lebih tinggi
b.      Microst Access 2007
c.        Microsoft Visual Basic 6.0
3.      Brainware
Brainware merupakan faktor sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam mengolah sebuah program maupun menangani fasilitas komputer. Faktor brainware yang dibutuhkan yaitu :
a.       Sistem analis yaitu orang yang bergerak dalam bidang pengembangan sistem yang akan membentuk dan membangun fasilitas desain sistem
b.      Programmer yaitu orang yang akan menyusun instruksi bagi komputer dan merancang antar muka pemakai (interface) pada program agar dapat digunakan oleh pemakai (user).
c.       Programmer terdiri dari :
1.      Pemrogram aplikasi yaitu programmer yang membuat aplikasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan para pemakai.
2.      Pemrogram pemeliharaan yaitu programmer yang bertanggung jawab dalam memelihara, memodifikasi, memperbaiki dan menjaga agar program dapat dipakai selama mungkin atau dalam kurun waktu yang lama.
3.      Pemrogram sistem yaitu programmer yang membuat perangkat lunak sistem untuk mengontrol operasi perangkat keras  komputer dan dapat menjalankan program aplikasi

B.                 Implementasi Sistem
Implementasi Sistem adalah langkah-langkah atau prosedur sistem yang dilakukan untuk menyelesaikan perancangan sistem yang telah disetujui seperti menguji, menginstal dan melalui menggunakan system yang baru atau sistem yang diperbaiki. Pada tahap implementasi, terlebih dahulu dilakukan pengujian sistem. Setelah terlihat ada kesalahan yang ditemukan didalam pengujian maka sistem tersebut akan diperbaiki dan pengujian sistem dilanjutkan ketahap operasi yang nyata.
Tujuan Implementasi Sistem adalah :
1.      Menyelesaikan desain sistem yang ada dalam dokumen desain sistem
2.      Menguji dan mendokumentasikan program dan prosedur sistem
3.      Memastikan bahwa user dapat mengoperasikan sistem baru dengan mempersiapkan manual pemakaian dan melatih user
4.      Memperhitungkan bahwa sistem memenuhi permintaan user yaitu dengan menguji sistem secara menyeluruh.
5.      Memastikan bahwa konversi ke sistem baru berjalan dengan benar yaitu dengan membuat rencana, mengontrol dan melakukan instalasi sistem baru dengan baru
Langkah-langkah dalam mengimplementasikan sistem adalah sebagai berikut :
a.       Pemilihan dan pelatihan user
b.      Menyelesaikan desain sistem
c.       Pemilihan tempat dan instalasi software dan hardware
d.      Menulis, menguji, mengontrol dan mendokumentasikan program
e.       Menyelesaikan manual pemakai
f.       Konversi manual
C.                Prosedur Pengoperasian Sistem
Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses membangun sebuah Sistem informasi peminjaman buku pada perpustakaan Madrasyah Aliyah Kendari . Dalam tahap ini semua rancangan yang sudah dibuat kemudian diterjemahkan dengan menggunakan bahasa pemograman sehingga menjadi sebuah sistem.
Tahap yang dilakukan sebelum mengimplementasikan rancangan interface adalah mengkoneksikan database dengan aplikasi sistem yang akan dibangun pada Visual Basic 6.0. Untuk membuat koneksi database ini, digunakan fasilitas Module pada Visual Basic 6.0.
Setelah koneksi dibuat, maka dilanjutkan pada pengimplementasian rancangan interface di Visual Basic 6. 0. Implementasi aplikasi Sistem informasi peminjaman buku memiliki tampilan-tampilan form dan report sebagai berikut :
1.      Tampilan Login
Jika tombol login ditekan maka tampil form login yang menanyakan user dan password, dari pengguna. Form ini merupakan form yang membatasi pengguna dalam program basis data sistem peminjam buku  . Tampilan halaman Login adalah:


 





Gambar 4.1 Tampilan Form Login
2.      Tampilan  Menu Utama
Form menu utama adalah menu tampilan awal sebelum masuk ke subprogram berikutnya form ini terdapat sub program yang berisi Penginputan informasi data buku,  penginputan anggota perpustakaan, informasi data peminjam  dan transaksi peminjaman buku


 









Gambar  4.2 Tampilan Form Menu Utama

3.      Tampilan Form Data Buku
Form ini digunakan sebagai penginputan data buku yang masuk di Madrasyah Aliya Labibia Kendari dimana ada beberapa field yang digunakan untuk menunjang data Informasi buku sehingga menghasilkan kualitas informasi yang baik adapun rancangan tampilan formnya adalah sebagai berikut :


 











Gambar 4.3 Tampilan Form Informasi data Buku

4.      Tampilan Input Anggota
Form ini digunakan sebagai form pendaftaran angggota baru sebagai syarat untuk melakukan transaksi peminjaman buku dimana ada beberapa data yang harus diinput di bagian petugas pendaftaran sebagai syarat siswa  untuk mendapatkan kartu anggota baru. Adapun tampilan form Informasi  Anggota Perpustakaan adalah sebagai berikut :





 










Gambar 4.4 Tampilan Form Input  Anggota

5.      Tampilan Form Peminjaman Buku
Form ini digunakan sebagai form transaksi peminjaman buku antara petugas atau staff perpustakaan dengan siswa yang akan meminjam buku dimana form ini berisi tentang informasi nama buku yang akan dipinjam, stok yang tersedia, nama yang meminjam tanggal peminjaman, batas tanggal pengembalian dan lama peminjaman. Adapun tampilan form peminjaman buku yang dibuat adalah sebagai berikut :





 









Gambar 4.5 Tampilan Form Peminjaman Buku
6.      Halaman Form Pembayaran Denda
Form ini gunakan untuk siswa yang melakukan transaksi peminjama buku tetapi lambat pada proses pengembaliannya sehingga form denda peminjaman digunakan untuk mengetahui seberapa banyak siswa  yang melakukan transaksi denda dan dari form ini juga disiapkan tiga hal mengapa siswa atau anggota perpustakaan dikenakan biaya lebih yaitu keterlambatan pengembalian, buku rusak dan hilang sehingga denda biasa dikenakan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan oleh peminjam buku



 









                              Gambar 4.6 Tampilan Form Pembayaran Denda
7.      Tampilan Laporan Persediaan Buku  
Laporan ini untuk digunakan untuk melihat posisi stok akhir buku yang tersedia diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia.Adapun tampilan laporan yang dibuat adalah sebagai berikut :




 








Gambar 4.7 Tampilan Laporan Persediaan Buku
8.      Halaman Laporan Anggota Perpustakaan
Laporan ini digunakan oleh staff administrasi perpustakaan untuk mengetahui jumlah pendaftar anggota perpustakaan yang ada dan laporan ini dibuat sebagai bentuk pendataan dan informasi kepada pimpinan atau direktur . Adapun Tampilan laporan yang dibuat adalah sebagai berikut : 



 







                          Gambar 4.8 Laporan Anggota Perpustakaan
9.      Tampilan  Laporan Peminjam Buku
Laporan ini dibuat untuk mengetahui berapa banyak anggota perpustakaan yang meminjam buku dan dapat diketahui tanggal peminjaman, tanggal pengembalian dan lama pinjam diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia Kendari
 





Gambar 4.9 Laporan Informasi Peminjaman Buku
10.   Laporan Pembayaran Denda






Gambar 4.10 Laporan Pembayaran denda

D.                Pengujian Sistem
Pengujian sistem dilakukan dengan uji operasional merupakan uji yang dilakukan untuk memeriksa bagaimana program bertindak dalam keadaan realistis. Pengujian dilakukan dengan menjalankan program kemudian mengaktifkan seluruh bagian sesuai dengan urutan yang diberikan pada menu-menu dan perintah-perintah yang ada disetiap program yang dijalankan. Secara operasional program yang telah dibuat dapat beroperasi dengan baik dan sudah sesuai dengan yang telah dirancang pada bagian-bagian bagan alir data. Sesuai dengan pengujian yang dilakukan maka program dapat dikatakan bekerja dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat. Pembuatan program basis data peminjaman buku dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan dilakukan pelatihan atau tutor bagi user yang akan menggunakan aplikasi ini.

Setelah program selesai dibuat maka tahap berikutnya adalah uji coba terhadap program yang telah dibuat tersebut, untuk memastikan apakah sistem yang dibangun dapat berjalan dengan baik atau tidak. Uji coba yang dilakukan pada program dengan menggunakan Metode Black Box Test.
Metode black box test atau functional test merupakan pengujian kebenaran sistem atau fungsi-fungsi yang ada pada program dan dilakukan untuk mengamati kesinambungan antara masukan dan keluaran dengan meminta responden untuk memberikan penilaian. Tanggapan yang diminta adalah komentar secara lisan dan menjawab quisoner daftar pertanyaan.
Pengujian sistem dilakukan dengan untuk memeriksa bagaimana program bertindak dalam keadaan realistis. Pengujian dilakukan dengan menjalankan program kemudian mengaktifkan seluruh bagian sesuai dengan urutan yang diberikan pada menu-menu dan perintah-perintah yang ada disetiap program yang dijalankan. Secara operasional program yang telah dibuat dapat beroperasi dengan baik dan sudah sesuai dengan yang telah dirancang pada bagian-bagian bagan alir data. Sesuai dengan pengujian yang dilakukan maka program dapat dikatakan bekerja dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat. Pembuatan program sistem peminjaman buku pada perpustakaan MAdrasyah Aliya Labibia Kendari dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan keterangan mengenai pembuatan program ini juga telah dimasukkan dalam program sebagai sebuah panduan bagi pengguna.
Dengan uji coba yang dilakukan meskipun sistem yang baru telah dibuat tetapi seorang programmer tidak boleh melupakan prinsip-prinsip pengembangan sistem berupa :
1.      Sistem yang dikembangkan adalah untuk manajemen
2.      Sistem yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar
3.      Sistem yang dikembangakan memerlukan orang yang terdidik
4.      Tahapan kerja dan tugas-tugas yang baru dilakukan dalam proses pengembagan sistem
5.      Proses pengembangan sistem tidak harus urut
6.      Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem

















           




















 

Komentar

  1. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh laporan supervisi akademik madrasah aliyah tahun 2017-2018

pengaruh dimensi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian mobil suzuki pada PT. Megah Putra Kendari

proposal penelitian Manajemen Pemasaran