SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAAKAAN MADRASYAH ALIYAH LABIBIA KENDARI
SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN
BUKU PADA
PERPUSTAAKAAN MADRASYAH ALIYAH
LABIBIA KENDARI
TUGAS
AKHIR
Diajukan Untuk Memenuhi
Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh
Sebutan Vokation Ahli Madya
(A.Md) Dalam Bidang
Manajemen Informatika
Oleh :
MUHAMMAD RIYAD SYAH
MI.11.059
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
POLITEKNIK INDOTEC
KENDARI
2014
HALAMAN PERSETUJUAN
Judul :
SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA MADRASYAH ALIYAH DDI LABIBIA KENDARI
Nama
Mahasiswa : MUHAMMAD RIYAD SYAH
Nomor
Induk Mahasiswa : MI.11.059
Program
Studi : Manajemen Informatika
Waktu
Penelitian : April s.d Juni 2014
Diterangkan
bahwa apa yang tertulis dalam Tugas Akhir telah melalui proses pembimbingan dan
siap diajukan pada ujian tugas akhir
Ketua Jurusan
Citrawati
Nur Lau, S.Kom
NIDN . 0903047802
|
Kendari, Juni 2014
Pembimbing
Citrawati Nur Lau., S.Kom
NIDN . 09060278701
|
HALAMAN
PENGESAHAN
Tugas
Akhir berjudul SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA MADSYAH LABIBIA KENDARI, ditulis / disusun oleh MUHAMMAD
RIYAD SYAH ,
MI.11.033, Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Indotec Kendari,
telah diujikan pada Hari Senin Tgl, 9 Juni 2014, dinyatakan diterima dan
memenuhi syarat untuk memperoleh gelar ahli madya, oleh Dewan Penguji Tugas
Akhir.
Ketua
Penguji :
Anggota :
Pembimbing :
Direktur Politeknik Indotec Kendari
M. Yusran
Tjappe.,SE, MM
NIDN
. 0901017107
|
Ketua
Program Studi
Citrawati Nur Lau,.S. Kom
NIDN
. 0903047802
|
SURAT
PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR
Saya yang bertandatangan dibawah
ini, menyatakan bahwa skripsi yang saya serahkan untuk maju ujian sidang adalah
murni hasil karya sata sendiri, bukan merupakan hasil plagiarisme ( penjiplakan
).
Apabila
pada saat ujian sidang, diketahui dan terbukti bahwa Tugas Akhir ini merupakan
hasil plagiarisme ( penjiplakan ) baik sebagian atau seluruh isi Tugas Akhir
saya, maka POLITEKNIK INDOTEC mempunyai hak dan wewenang untuk membatalkan isi
dari TA yang telah saya (sebagai peneliti) tulis dan saya bersedia menerima
saksi Drop Out atau tidak dapat melanjutkan study dari Prodi Manajemen
Politeknik Indotec Kendari.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan
sehat dan sadar tanpa adanya campur tangan ataupun tekanan dari pihak manapun
juga.
Kendari,
Juni 2014
MUHAMMAD RIYAD
SYAH
NIM . MI.11.059
|
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr.Wb.
Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanyalah untuk
Allah SWT Penulis panjatkan. Atas rahmat dan kemudahanNya jualah sehingga
penulisan Laporan Tugas Akhir ini dapat terselesaikan dengan judul “ SISTEM
INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK INDOTEC KENDARI “
Laporan Tugas
Akhir ini merupakan salah satu syarat dalam menempuh ujian Akhir Penulis di
Program Diploma 3 Program Study Manajemen informatika Pada Politeknik Indotec
Kendari
Penulis mengucakan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu terselesaikannya Laporan Tugas Akhir ini kepada :
1. Allah SWT yang maha mengasihi dan menyertai umatnya yang
mau berdoa dan berusaha, yang member hidup dan menentukan sukses atau tidaknya
manusia.
2.
Kepada
Kedua Orang Tua Ayahanda dan ibunda tercinta, atas segala pengorbanan kasih sayang
dan doa yang tak henti-hentinya yang selalu mengiringi kehidupan penulis.
3.
Ibu
Asma Indahsari selaku Ketua Yayasan, YPMM Politeknik Indotec Kendari
4.
Bapak
M. Yusran Tjappe, SE., MM ,Selaku Direktur Politeknik Indotec Kendari
5.
Bapak
Hamzah Hamid S.Pi., MM, selaku Pembantu Direktur Politeknik Indotec Kendari
6. Ibu Citrawati
Nur Lau, S.Kom, selaku Ketua Jurusan, terima kasih atas bimbingan, masukan, dan
sarannya
7. Bapak Jumadil Nangi.,S.Kom.,MT selaku pembimbing ,
terimakasih atas arahan dan bimbingan atas selesainya tugas akhir penulis
8. Bapak dan Ibu
Dosen Politeknik Indotec Kendari yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada
penulis selama pendidikan dan seluruh karyawan Politeknik Indotec Kendari yang telah
memberikan pelayanan kepada penulis sehingga laporan selesai
9. Teman – teman
seangkatan 2011 yang slalu memberikan masukan dalam menyusun Tugas Akhir (TA) ini.
Akhir kata
penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak
kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekuranagn sehingga kritik dan saran yang
bersifat membangun sangatlah diperlukan. Semoga laporan Tugas Akhir (TA) ini
dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Kendari, Juni 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Hal
HALAMAN JUDUL...................................................................................... .. ii
HALAMAN PERSETUJUAN..................................................................... .. iii
HALAMAN PENGESAHAN....................................................................... .. iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................ v
KATA
PENGANTAR .................................................................................. . vi
ABSTRAK
..................................................................................................... .. viii
DAFTAR
ISI.................................................................................................. .. ix
DAFTAR
GAMBAR..................................................................................... .. xii
DAFTAR
TABEL.......................................................................................... .. xiv
BAB
I PENDAHULUAN.......................................................................... 1
A.
Latar Belakang Masalah....................................................... .. 1
B.
Rumusan Masalah................................................................ .. 2
C.
Batasan Masalah.................................................................. .. 2
D.
Maksud dan Tujuan Penelitian............................................. .. 3
E.
Manfaat Penelitian................................................................... 3
F. Sistematika
Penulisan........................................................... .. 3
BAB
II LANDASAN TEORI.................................................................. .. 5
A.
Pengertian Informasi .............................................................. 5
1. Pengertian Sistem.............................................................. 7
2. Pengertian
Tingkatan Sistem Informasi............................ 8
3. Sistem Informasi
Berbasis Komputer................................ 9
B. Aplikasi Dan
Transaksi ............................................................. 9
C. Perancangan Dan
Pengembangan Sistem ................................. 9
D. Pengertian
Informasi Dan Elemen Informasi............................ 10
E. Kualitas
Informasi..................................................................... 11
F. Perancangan
Sistem................................................................... 14
1. Pengertian
Flowchart..................................................... 14
2. Data Flow Diagram
(DFD)........................................... 19
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM......................... .. 24
A.
. Gambaran Umum Lokasi Penelitian .......................................... 24
B... Analisis
Sistem .......................................................................... 25
C... Pembahasan
Masalah ................................................................. 27
D... Perancangan Sistem.................................................................... 29
.
BAB
IV IMPLEMENTASI SISTEM.......................................................... 45
A. Perangkat Sistem Yang Digunakan
........................................ .. 45
...... 1. Hardware .............................................................................. 45
...... 2. Software................................................................................ 46
3. Brainware............................................................................... 46
B. Implementasi
Sistem .................................................................. 47
C. Prosedur Pengoperasian Sistem................................................... 48
D. Pengujian Sistem.......................................................................... 57
BAB
V PENUTUP....................................................................................... 60
A.
Kesimpulan.............................................................................. .. 60
B.
Saran........................................................................................ .. 61
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Hal
Gambar 3.1 Diagram Konteks Sistem Informasi
Peminjaman Buku......... 30
Gambar 3.2 Data Flow Diagram level 0 ................................................... 31
Gambar 3.3
Data Flow Diagram Rinci Input............................................ 32
Gambar 3.4 Data Flow Diagram Proses ................................................... 33
Gambar 3.5 Rancangan
Layar Menu Login....................................... ....... 37
Gambar 3.6 Rancangan Menu Utama........................................................ 38
Gambar 3.7 Rancangan Informasi Data Buku .......................................... 39
Gambar 3.8 Rancangan Identitas Anggota Perpustakaan ........................ 40
Gambar 3.9 Rancangan Peminjaman Buku .............................................. 41
Gambar 3.10 Rancangan Pembayaran Denda ............................................ 42
Gambar 3.11 Rancangan Laporan Data Perpustakaan ............................... 43
Gambar 3.12 Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan.......................... 43
Gambar 3.13 Rancangan Laporan Peminjaman Buku ................................ 43
Gambar 3.14 Rancangan Laporan pembayaran Denda .............................. 44
Gambar 4.1 Tampilan Form Login ............................................................ 49
Gambar 4.2 Tampilan Menu Utama........................................................... 50
Gambar 4.3 Tampilan Form Informasi Data Buku.................................... 51
Gambar 4.4 Tampilan Form Informasi Anggota........................................ 52
Gambar 4.5 Tampilan Form Peminjama Buku........................................... 53
Gambar 4.6 Tampilan Form Pembayaran Denda....................................... 54
Gambar 4.7 Laporan Stok Buku................................................................ 55
Gambar 4.8 Laporan Anggota Perpustakaan............................................ 56
Gambar 4.9 Laporan Peminjam Buku........................................................ 56
Gambar 4.10 Laporan Pembayaran Denda.................................................. 57
DAFTAR
TABEL
Hal
Tabel 3.1 Tabel Data Buku.......................................................................... 34
Tabel 3.2 Tabel Identitas Anggota
Perpustakaan........................................ 35
Tabel 3.3 Tabel Peminjaman Buku ............................................................. 35
Tabel 3.4 Tabel Pembayaran Denda ........................................................... 36
A.
Latar Belakang Masalah
Perpustakaan adalah suatu tempat, gedung
atau ruangan untuk menyimpan buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang
diorganisasikan dan diadministrasikan untuk bacaan, konsultasi dan studi.
Perpustakaan di Madrasyah Aliyah Labibia Kendari merupakan
perpustakaan yang mengkhususkan dalam menyediakan buku-buku pelajaran dan buku
pengetahuan lainnya. Semua siswa
siswi diwajibkan menjadi anggota perpustakaan.
Proses-proses yang dilakukan saat ini
masih manual hal tersebut menyebabkan lambatnya dalam pencarian data, layanan
sirkulasi maupun pembuatan laporan. Untuk memenuhi pelayanan yang baik dan
efisien terhadap para anggotanya, perpustakaan memerlukan suatu sistem
informasi yang dapat membantu para anggota dalam mencari informasi/referensi
tentang data-data buku yang diperlukan.
Suatu perpustakaan juga membutuhkan
suatu sistem untuk mengumpulkan data, mengolah data, menyimpan data, melihat
kembali data dan menyalurkan infomasi yang baik, salah satunya adalah memiliki
keakuratan data yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, usaha yang
harus dilakukan perpustakaan adalah pemanfaatan teknologi informasi seperti
komputer beserta program-program aplikasi lainnya disamping peningkatan sumber
daya manusia dan peningkatan sistem.
Hal tersebut diharapkan dapat
memperbanyak jumlah anggota. Selain itu juga dapat membantu petugas
perpustakaan dalam pengolahan data dan penyusunan laporan secara cepat dan
akurat.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka
penulis merancang sebuah system yang
berjudul “ SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN MADRASYAH ALIYAH LABIBIA KENDARI “.
Perancangan pada tugas akhir ini
dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0 yang merupakan salah satu bahasa
pemrograman berbasis yang penulis ketahui.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
pembahasan diatas maka dirancanglah Sistem Informasi Peminjaman Buku di
perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia Kendari sehingga pada saat proses
peminjaman buku oleh siswa dapat dilakukan penginputan data peminjam dengan
meninggalkan system yang lama yaitu
manual, ke system yang lebih baik.
C.
Batasan Masalah
Perancangan system informasi peminjaman pada perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia
Kendari meliputi beberapa batasan masalah diantaranya adalah proses transaksi
peminjaman buku oleh siswa terhadap staff atau petugas perpustakaan dengan
mengunakan database Microsoft Access 2007 dan bahasa pemrograman Visual Basic
6.0
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah
bagaimana merancang suatu system yang
dapat memudahkan petugas perpustakaan melakukan transaksi peminjaman buku
terhadap siswa Madrasyah Aliyah Labibia Kendari.
E.
Manfaat Penelitian
Perancangan dan implementasi system terkomputerisasi diharapkan dapat
bermanfaat :
1.
Untuk Instansi
Agar aplikasi yang dirancang dapat memudahkan
petugas perpustakaan dalam hal peminjaman buku kepada siswa Madrasyah Aliyah
Labibia Kota Kendari
2.
Untuk Mahasiswa
Menambah wawasan tentang bagaimana merancang
suatu aplikasi yang berbasis program dan penelitian ini dapat pula dijadikan
referensi yang berguna bagi peneliti selanjutnya
F.
Sistematika
Penulisan
Untuk memperoleh penulisan yang
singkat, padat dan
jelas, maka penulisan laporan
tugas akhir ini
disajikan kedalam V ( lima) bab dengan perincian sebagai
berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Berisi Latar belakang masalah,
rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi
dasar-dasar teori atau kaidah-kaidah dan konsep teknologi yang digunakan dalam
penyelesaian permasalahan pada penelitian tugas akhir ini, langkah-langkah dan
prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan penelitian .
BAB
III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Berisi hasil studi literatur dan analisa data yang
diperlukan dalam perancangan sistem informasi yang terdiri dari Analisis
Masalah, Pembahasan Masalah dan Desain Sistem.
BAB
IV IMPLEMENTASI SISTEM
Berisikan tentang penjelasan dari Perangkat system yang digunakan berupa Hardware
dan Software , Prosedur pengoperasian Sistem dan pengujian system yang dirancang
BAB V PENUTUP
Berisi kesimpulan dari
penulisan dan saran-saran bagi pengembangan sistem ini lebih lanjut.
A.
Pengertian
Informasi
Sistem informasi perpustakaan
merupakan sistem informasi yang menyimpan berbagai hal tentang
informasi yang terdapat dalam
perpustakaan. Sistem informasi ini digunakan oleh para pengunjung, karyawan dan
administrasi. Informasi-informasi mulai dari data buku, pengarang, peminjam dan
lain-lain. Sehingga dalam prosesnya dapat membantu manajemen perpustakaan.
Untuk mendukung terselenggaranya sisten
informasi perpustakaan yang baik, diperlukan beberapa perlengkapan pendukung yaitu perlengkapan
bahan perpustakaan, perlengkapan di layanan teknis , perlengkapan di layanan
perpustakaan, kotak untuk kartu anggota dan
perlengkapan lainnya.
Pada kenyataannya, tugas dan fungsi perpustakann tersebut di atas
belum dapat dilakukan dengan optimal oleh pihak perpustakaan. Hal ini
dikarenakan berbagai kendala yang terkadang sulit dipecahkan misalnya dalam
pemenuhan kebutuhan sumberdaya manusia dan sarana dalam pelaksanaan tugas. Adanya aturan-aturan panjang dalam
rangka pengadaan sumberdaya manusia atau peralatan perpustakaan. Selain
itu, perbandingan antara pemakai yang dilayani dengan petugas yang ada belum
sesuai. Petugas dengan kualifikasi pendidikan selain ilmu perpustakaan,
kadang kurang pas ditempatkan di perpustakaan, atau mutasi petugas yang tidak
berkenaan dengan peran perpustakaan. Akibatnya, peranan sebagai pelayan
perpustakaan dijalankan dengan kurang maksimal karena kurangnya
penghayatan/pemahaman tentang perpustakaan. Akhirnya pelayanan yang diberikan
kurang ikhlas/sabar. Padahal, peran petugas (dalam hal ini pustakawan)
sangatlah menentukan berfungsi tidaknya sebuah perpustakaan. Asumsi kita,
apabila pengguna perpustakaan mau menggunakan perpustakaan lebih dari sekali,
maka dapat diartikan bahwa perpustakaan berfungsi dalam menjalankan tugasnya,
dan pengguna paham peran perpustakaan untuk kepentingannya.
Perpustakaan sekolah juga sering disebut
sebagai perpustakaan khusus. Hal ini dikarenakan perpustakaan sekolah pada
umumnya khusus melayani siswa siswi madrasyah. Di samping itu, koleksi
yang dimiliki perpustakaan sekolah pun khusus untuk konsumsi siswa maupun guru.
Bila dibandingkan dengan perustakaan umum, maka perpustakaan sekolah memiliki kelebihan berupa hasil-hasil karya siwa
pada saat melakukan tugas dari guru maupun hasil karya tulis siswa.
1. Pengertian Sistem
Sistem diperlukan dalam suatu unit usaha agar tujuan dapat dicapai dengan melakukan kegiatan
bersama-sama oleh berbagai
unsur. Menurut Robert
and Vijay (2005:7), pengertian sistem adalah sebagai
berikut: " Sistem merupakan suatu cara
tertentu
dan bersifat repetitif untuk melaksanakan suatu atau kelompok aktivitas".
Sementara itu,
Romney
and Steinhart
(2006:2)
menyatakan
bahwa
pengertian sistem adalah sebagai berikut
: " Sistem adalah rangkaian dari dua atau Iebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan". Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem merupakan sekumpulan unsur atau elemen, cara tertentu yang saling
berkaitan dan mempengaruhi dalam
melakukan kegiatan bersama untuk mencapai
tujuan.
2.
Pengertian Tingkatan Sistem Informasi
Beberapa jenis sistem
informasi berbasis Teknolgi Informasi yang dikembangkan berdasarkan lini
manajerial. Masing-masing dari Sistem Informasi tersebut memiliki fungsi dan
manfaat bagi tiap tingkatan manajerial. Adapun tingkatan Sistem Informasi
tersebut adalah:
a.
Sistem Pemrosesan Transaksi, merupakan hasil perkembangan dari pembentukan kantor elektronik, dimana
sebagian dari pekerjaan rutin diotomatisasi termasuk untuk pemprosesan
transaksi. Pada system ini data yang
dimasukkan adalah data-data transaksi yang terjadi.
b. Sistem
Informasi Manajemen (SIM), SIM adalah sebuah kelengkapan
pengelolaan dari proses-proses yang yang menyediakan informasi untuk manajer
guna mendukung operasi-operasi dan pembuatan keputusan dalam sebuah organisasi.
c. Sistem
Penunjang Keputusan (SPK), merupakan peningkatan dari SIM dengan
penyediaan prosedur-prosedur khusus dan pemodelan yang unik yang akan membantu
manajer dalam memperoleh alternatif-alternatif keputusan.
d. Sistem
Informasi e-busines, dibangun untuk menjawab tantangan
pengintegrasian data dan informasi dari proses bisnis berbasis internet.
3. Sistem Informasi Berbasis Komputer
Keuntungan utama dari
teknologi sistem informasi ini adalah waktu untuk menghasilkan informasi lebih
singkat sehingga menghasilkan informasi dengan tingkat keakuratan yang lebih
tinggi.
B.
Aplikasi dan
Transaksi
1.
Aplikasi adalah program yang menentukan aktifitas pemrosesan
informasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas-tugas khusus dari pemakai
computer.
2.
Transaksi
Transaksi adalah
berbagai kegiatan yang terjadi sebagai bagian dari aktifitas bisnis seperti penjualan,
pembelian, penyimpanan, Penarikan, pengembalian, dan pembayaran
C.
Perancangan Dan
Pengembangan Sistem
1.
Pengertian Perancangan sistem
Dalam
perancangan sistem dapat diartikan menyususn sistem yang baru untuk
menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang
telah ada. Sistem yang lama diperlukan perbaikan karena adanya permasalahan
yang timbul pada sistem yang lama. Menurut Al Fatta, (2007:24), “ Perancangan
suatu system adalah penjelasan secara detail tentang bagaimana bagian-bagian
dari sistem informasi diimplementasikan “. Menurut Mulyadi 92001 : 1),
“ Perancangan sistem adalah proses
penerjemahan kebutuhan pemakai informasi kedalam alternative rancangan system
informasi yang diajukan pada pemakai informasi sebagai pertimbangan” .
2.
Pengembangan Sistem
Pengembangan sistem
adalah langkah-langkah yang dilalui analis system dalam pengembangan system
informasi ( Mulyadi,2001:36). Begitu pula dengan Lonnie and Kevin (2004:78)
berpendapat bahwa sistem merupakan satu set aktifitas, metode, praktik terbaik,
dan peralatan terotomatisasi yang digunakan para stakeholder untuk
mengembangkan dan secara berkesinambungan memperbaiki sistem informasi dan
perangkat lunak.
D.
Pengertian
Informasi, dan Elemen Informasi
a.
Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang
memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi
data menjadi suatu informasi dari input -
proses – output.
b.
Data merupakan awal material
untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung
pada nilai gunanya bagi manajemen yang
memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data
bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya.
c.
Representasi informasi
merupakan pelambangan informasi, misalnya: representasi biner.
d.
Kuantitas informasi merupakan satuan
ukuran informasi. Tergantung representasi. Untuk representasi biner satuannya
berupa bit, byte, word dll.
e.
Kualitas informasi merupakan bias terhadap error, karena terjadinya kesalahan cara pengukuran dan pengumpulan,
kegagalan mengikuti prosedur prmrosesan, kehilangan atau data tidak terproses,
kesalahan perekaman atau koreksi data, kesalahan file histori/master, kesalahan prosedur pemrosesan ketidak berfungsian
sistem.
f.
Umur informasi adalah kapan atau sampai kapan sebuah informasi
memiliki nilai/arti bagi penggunanya. Ada condition
informasion (mengacu pada titik
waktu tertentu) dan operating information
(menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
E.
Kualitas Informasi
Kualitas Informasi Tergantung 3 hal yaitu :
a.
Akurat, berarti informasi harus
bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga
berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
b.
Tetap pada waktunya, berarti
informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
c.
Relevan, berarti informasi
tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk
tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Nilai Informasi ditentukan dari dua
hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai
bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Sehingga Definisi Sistem Informasi
adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang
bermanfaat bagi penggunanya. atau Sebuah sistem terintegrasi atau sistem
manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem
ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual,
model manajemen dan basis data.
Dari definisi di atas terdapat beberapa kata kunci :
1.
Berbasis Komputer dan Sistem
Manusia/Mesin
-
Berbasis komputer: perancang
harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi
-
Sistem manusia mesin: ada
interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk
memroses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses
yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/manual
sistem.
2.
Sistem Basis Data Terintegrasi
-
Adanya penggunaan basis data
secara bersama-sama (sharing) dalam
sebuah data base manajemen system.
3.
Mendukung Operasi
-
Informasi yang diolah dan di
hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.
Semuanya mengacu pada sebuah sistem informasi berbasis
komputer yang dirancang untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi
pengambilan keputusan suatu organisasi.
Menurut Robert A. Leitch (2009 : 15) Sistem Informasi
adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan
pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan
kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan.
Komponen Fisik Sistem Informasi :
1.
Perangkat keras komputer berupa
CPU, Storage, perangkat Input/Output,
Terminal untuk interaksi, Media komunikasi data
2.
Perangkat lunak komputer
merupakan perangkat lunak sistem (sistem
operasi dan utilitinya), perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman),
perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi dan lain - lain).
3.
Basis data merupakan penyimpanan data pada media
penyimpan komputer.
4.
Prosedur merupakan
langkah-langkah penggunaan sistem
5.
Personil untuk pengelolaan
operasi (SDM), meliputi:
-
Clerical personnel (untuk menangani
transaksi dan pemrosesan data dan melakukan inquiry
= operator);
-
First level manager untuk mengelola
pemrosesan data didukung dengan perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out-of-control dan pengambilan keputusan
level menengah ke bawah.
-
Staff specialist digunakan untuk
analisis untuk perencanaan dan pelaporan.
-
Management untuk pembuatan laporan
berkala, permintaan khusus, analisis khusus, laporan khsusus, pendukung
identifikasi masalah dan peluang
F.
Perancangan
Sistem
1.
Pengertian Flowchart
Programmer
menggunakan flowchart program untuk menggambarkan
urutan instruksi dari program komputer. Analis Sistem menggunakan flowchart
program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur
atau operasi.
Flowchart merupakan gambar atau bagan
yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran
ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan
proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis
penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal
pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih
jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah
flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya
ke bentuk program dengan bahasa pemrograman.
1. Simbol - Simbol Flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol.
Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program.
Simbol-simbol yang dipakai antara lain :
a.
Flow Direction symbol
Yaitu simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara
simbol yang satu dengan simbol yang lain. Simbol ini disebut juga connecting
line.
b.
Terminator Simbol
Yaitu simbol untuk permulaan (start)
atau akhir (stop) dari suatu kegiatan
c.
Connector Simbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau
penyambungan proses dalam lembar / halaman yang sama.
d.
Connector Simbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan
proses pada lembar / halaman yang berbeda.
e.
Processing Simbol
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh
komputer
f.
Simbol Manual Operation
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang
tidak dilakukan oleh komputer
g.
Simbol Decision
Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.
h.
Simbol Input - Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa
tergantung dengan jenis peralatannya
i.
Simbol Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line
keyboard
j. Simbol Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line
keyboard
k.
Simbol Preparation
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan
yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.
l. Simbol Predefine Proses
Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian
(sub-program)/prosedure
m.
Simbol Display
Simbol yang menyatakan peralatan output yang
digunakan yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.
n.
Simbol Disk and On Line Storage
Simbol yang menyatakan input yang berasal
dari disk atau disimpan ke disk.
o.
Simbol Magnetic Tape Unit
Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetik
atau output disimpan ke pita magnetik.
p.
Simbol Punch Card
Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu
atau output ditulis ke kartu
q.
Simbol Dokumen
Simbol yang menyatakan input berasal dari
dokumen dalam bentuk kertas atau output
dicetak ke kertas.
2.
Data Diagram Flow (DFD)
a.
Pengertian Data Flow
Diagram (DFD)
Data
Flow Diagram atau sering disingkat DFD adalah perangkat-perangkat analisis dan
perancangan yang terstruktur sehingga memungkinkan peng-analis sistem memahami
sistem dan subsistem secara visual sebagai suatu rangkaian aliran data yang
saling berkaitan.
Didalam DFD terdapat 3 level,
yaitu :
1. Diagram
Konteks menggambarkan satu lingkaran
besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat di dalam suatu sistem.
Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol).
Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran
data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat
penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.
2. Diagram Nol (diagram level-1) merupakan satu lingkaran besar yang mewakili
lingkaran-lingkaran kecil yang ada di dalamnya. Merupakan pemecahan
dari diagram Konteks ke diagram Nol. di dalam diagram ini memuat penyimpanan
data.
3. Diagram
Rinci merupakan diagram
yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram Nol.
b. Fungsi Data Flow Diagram (DFD)
Adapun Fungsi dari Data Flow
Diagram adalah :
a. Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang
memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu
jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data,
baik secara manual maupun komputerisasi.
b. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering
digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih
penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata
lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada
fungsi sistem.
c.
DFD ini merupakan
alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep
dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem
yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun
pembuat program.
c.
Simbol Data Flow Diagram
1. Simbol Data Store Komponen ini digunakan untuk membuat
model sekumpulan paket data dan diberi nama dengan kata benda jamak, misalnya
Mahasiswa. Data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan-penyimpanan,
seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan secara
komputerisasi, misalnya file disket, file harddisk, file pita magnetik. Data
store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual seperti buku alamat, file
folder, dan agenda.
Data Store
|
2. Simbol Proses merupakan
Komponen Proses
Komponen proses menggambarkan bagian
dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output. Proses diberi nama
untuk menjelaskan proses/kegiatan apa yang sedang/akan dilaksanakan. Pemberian
nama proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang
membutuhkan obyek), seperti Menghitung Gaji, Mencetak KRS, Menghitung Jumlah
SKS.
Proses
|
3.
Simbol Flow alur
data digambarkan dengan anak panah, yang menunjukkan arah menuju ke dan keluar
dari suatu proses. Alur data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data
atau paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya.
Flow
|
4.
Simbol Entity merupakan kesatuan dilingkungan luar sistem
yang bias berupa orang, organisasi atau sistem lain
Entity
|
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
A.
Gambaran Umum
Lokasi Penelitian
Madrasyah Aliya
Labibia Kendari adalah salah satu salah satu Madrasyah di kota kendari yang
terletak di Kecamatan Labibia Kendari. Dimana Madrasyah tersebut mempunyai
suatu bentuk layanan yang disebut perpustakaan sekolah dikarenakan pada setiap sekolah
pasti mempunyai layanan terhadap siswa layanan perpustakaan, dimana
perpustakaan sebagai wadah lain selain proses belajar mengajar didalam kelas,
perpustkaan juga sebagai wadah lain yang dapat memberikan pengetahuan berupa
informasi dalam media kertas maupun media data lainnya. Perpustakaan Madrasyah Aliya Labibia mempunyai
beberapa koleksi buku dan majalah yang disimpan dan diatur secara baik, koleksi
yang disiapkan berupa buku yang bersifat umum, informatika, manajamen,
matematika, majalah, dan masih banyak lagi, yang tentu saja dari koleksi
tersebut akan selalu mendapatkan koleksi-koleksi tambahan lain sehingga pada
saat mahasiswa membutuhkan literatur mereka dapat mendapatkan pada perpustakaan
tersebut.
B.
Analisis
Sistem
Perpustakaan adalah suatu ruang yang terdapat
buku-buku yang disusun berdasarkan sistem tertentu untuk digunakan sebagai
media mencari ilmu dan wawasan setiap orang. Seiring dengan bertambahnya waktu
maka ilmu pengetahuan juga berkembang dengan pesat sehingga inventaris buku
pada perpustakaan juga akan semakin bertambah, begitu pula dengan anggota
perpustakaan yang secara linier juga akan bertambah. Maka diperlukan suatu sistem
informasi yang dapat menampung dan mengakses semua data-data tersebut secara
cepat dan tepat.
Sebagai
solusinya, data-data tersebut dibuat komputerisasi dengan menggunakan sistem
informasi perpustakaan yang data-datanya dapat dimasukkan ke dalam database sehingga memudahkan pengguna
perpustakaan dalam mencari informasi buku yang diinginkan dan pendataan
buku-buku yang dilakukan semuanya dengan komputerisasi. Sehingga analisis dalam
hal ini sangat diperlukan agar ada sistem yang baku yang dapat memudahkan hal
tersebut.
Pengertian analisis sistem adalah Penguraian
dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan
maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan ,
kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan
yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan
sangat penting , karena kesalahan didalam tahap ini akan menyebabkan kesalahan
ditahap berikutnya.
Alasan perlunya dilakukan analisis
sistem :
1.
Problem-solving adalah sistem
lama tidak berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu analisis diperlukan untuk
memperbaiki sistem sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.
2.
Kebutuhan baru adalah adanya kebutuhan
baru dalam organisasi
atau lingkungan sehingga diperlukan
adanya modifikasi atau
tambahan sistem informasi
untuk mendukung organisasi.
3.
Mengimplementasikan ide atau teknologi baru.
4.
Meningkatkan performansi sistem secara keseluruhan
Didalam analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar
yang harus dilakukan oleh analisis system, adalah Identify ( Menentukan
Masalah), Understand ( Memahami
masalah ), Analyze ( Menganalisa
system ), dan Report ( Laporan Hasil
Analisis ).
Adapun dari hasil Identifikasi
masalah pada Perpustakaan Politeknik Indotec kendari adalah sebagai berikut :
1.
Tidak adanya sistem komputerisasi
mengenai data buku, data peminjam, dan tata kelola administasi yang peminjaman
buku yang baik
2.
Tidak terdapat laporan perihal
administrasi perpustakaan
3.
Sering terjadi kesalahan informasi
mengenai stok buku perpustakaan pada saat mahasiswa akan melakukan peminjaman
buku, yang dikarena pencatatan stok hanya dilakukan secara manual atau
pencatatan melalui buku besar peminjam
Adapun
deskripsi sistem peminjaman buku di suatu perpustakaan Madrasyah Aliyah Labibia
adalah :
1.
Pada saat pendaftaran, identitas anggota
diserahkan ke petugas untuk dicatat jika belum terdaftar, lalu dibuatkan kartu
anggota.
2.
Proses peminjaman diawali dengan
menyerahkan kode buku pinjaman dan kartu anggota ke petugas administrasi
perpustakaan
3.
Petugas akan memeriksa buku yang
dipinjam, jika ada, buku pinjaman akan dicatat pada catatan peminjaman buku,
kemudian dibuatkan bukti peminjaman buku untuk peminjam.
4.
Kartu buku disimpan petugas dan Buku beserta
bukti peminjaman diterima peminjaman
5.
Sistem ini harus dapat menghasilkan
laporan peminjaman untuk Pimpinan dan daftar pengeluaran buku untuk Bagian pengadaan.
6.
Buku-buku yang tersedia diperoleh dari bagian pengadaan
C.
Pembahasan
masalah
1.
Kaidah – kaidah Pembuatan
Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus
atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil
pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart
yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram
lainnya.
Namun secara garis besar, setiap
pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
1.
Input berupa bahan mentah
2.
Proses pengolahan
3.
Output berupa bahan jadi.
Jalannya penelitian ini dapat dilakukan dengan melalui tahapan sebagai
berikut :
1.
Membahas sistem yang berjalan / lama
Tujuannya adalah untuk
mempertegas bentuk logika sistem lama/berjalan secara konseptual sebagai bahan
acuan untuk menyusun rancangan baru/usulan
2.
Menentukan kebutuhan sistem yang baru
atau usulan sistem
Tujuannya adalah mengklasifikasikan hasil rekomenasi dari sistem yang lama
untuk dijasikan bahan perbandingan antara sistem lama dengan sistem baru
3.
Merancang sistem yang baru atau usulan sistem
Tujuannya adalah
mengambarkan serta mewujudkan logika sistem yang akan dirancang dalam market
diagram.
D.
Perancangan
Sistem
1.
Data Flow Diagram (DFD)
Desain
sistem merupakan suatu cara untuk membangun program aplikasi dengan
rancangan-rancangan data tertentu yang berkaitan dengan program aplikasi yang
akan dibangun dan diimplementasikan.
a.
Diagram Konteks
Diagram konteks adalah suatu gambaran sistem yang
menghubungkan arus dari suatu entitas ke proses sebelumnya ke entitas lainnya.
Diagram konteks terdiri dari sebuah simbol proses tunggal yang digambarkan oleh
sebuah sistem. Dan dari analisis sistem diatas maka penulis merancang
suatu sistem dimana semua pencatatan manual akan dimaksimalkan dengan
menggunakan aplikasi komputer. Adapun rancangan diagram konteks yang dibuat
adalah sebagai berikut :

Diagram
3.1 Diagram Konteks Sistem Informasi Peminjaman Buku
b.
Diagram Level Nol

![]() |
Gambar 3.2 Data Flow Diagram Level 0
c.
Diagram Rinci Input
![]() |
|||
![]() |
Gambar 3.3 Data
Flow Diagram Rinci Input
d.
Diagram Rinci
Proses dan Laporan

![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
Gambar 3.4 Data
Flow Diagram Terinci
2.
Rancangan Data
Rancangan
Data merupakan proses desain file data berupa tabel-tabel yang saling
berhubungan sehingga membentuk satu basis data yang digunakan untuk pengambilan
atau pengaksesan data sebagai informasi khususnya data. Adapun table - tabel
yang digunakan dalam rancangan table Sistem Informasi Peminjaman adalah sebagai
berikut :
1.
Table Data Buku
Table Data buku terdiri dari 6 Field dan yang berfungsi
sebagai Primary Key adalah Kode_Buku
Tabel 3.1 Tabel Data Buku
NO
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Panjang
|
Ket
|
1
|
Kode_Buku
|
Text
|
20
|
Primary Key
|
2
|
Nama_Buku
|
Text
|
40
|
|
3
|
Pengarang
|
Text
|
40
|
|
4
|
Penerbit
|
Text
|
40
|
|
5
|
Tahun_Terbit
|
Number
|
||
6
|
Stok
|
Number
|
2.
Tabel Anggota Perpustakaan
Tabel ini terdiri dari 4
Field yang digunakan sebagai data input Identitas anggota baru perpustakaan dan
yang berfungsi sebagai primary Key adalah NIS ( Nomor Induk Siswa )
Tabel 3.2 Tabel Anggota Perpustakaan
NO
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Panjang
|
Ket
|
1
|
NIM
|
Text
|
20
|
Primary Key
|
2
|
Nama
|
Text
|
40
|
|
3
|
Alamat
|
Text
|
40
|
|
4
|
No_Hp
|
Number
|
3.
Tabel Peminjaman Buku
Tabel Peminjaman buku terdiri dari 7 Field dimana yang
berfungsi sebagai Primary Key adalah No_Peminjaman
Tabel 3.3 Tabel Peminjaman Buku
NO
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Panjang
|
Ket
|
1
|
No_Peminjaman
|
Text
|
20
|
Primary Key
|
2
|
Nama_Buku
|
Text
|
40
|
|
3
|
Jumlah_Pinjam
|
Number
|
5
|
|
4
|
Nama_Peminjam
|
Text
|
40
|
|
5
|
Tanggal_Pinjam
|
Date/Time
|
||
6
|
Tanggal_Kembali
|
Date/Time
|
||
7
|
Lama_Pinjam
|
Numer
|
5
|
4.
Tabel Pembayaran Denda
Tabel
Pembayaran Denda terdiri dari 4 Field dimana yang berfungsi sebagai Primary Key
adalah No_Slip
Tabel
3.4 Tabel Pembayaran Denda
NO
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Panjang
|
Ket
|
1
|
No_Slip
|
Text
|
20
|
Primary Key
|
2
|
Nama_Buku
|
Text
|
40
|
|
3
|
Nama_Peminjam
|
Text
|
||
4
|
Total
|
Currency
|
40
|
3.
Rancangan Antar Muka
Rancangan antar muka merupakan proses pendesainan program
berupa menu yang terstruktur, layar menu yang baik, model penginputan yang
mudah, hasil keluaran yang lengkap dan jelas. Hal ini untuk memudahkan pemakai
dalam memanipulasi data sebagai informasi
1.
Rancangan Layar Menu Login
Rancangan Menu Login merupakan rancangan yang nantinya akan
digunakan sebagai layar utama pada saat program Run atau dijalankan, maksud
ketika user menggunakan program tersebut secara otomatis layar menu tersebut
yang pertama kali akan muncul agar pemakai atau user lebih mudah dalam
mengoperasikannya.
Masukkan Username dan Password anda
|
||||||
Username
|
:
|
|||||
Password
|
:
|
|||||
Masuk
|
Gambar 3.5 Rancangan Layar Menu Login
2.
Rancangan Menu Utama Program
Menu Utama Program adalah tampilan menu program memberikan
informasi kepada user untuk mendapatkan program tersebut, pada menu utama sudah
dilengkapi informasi-informasi mengenai prosedur penggunaan program. Adapaun
tampilan menu utama program adalah sebagai berikut :
Laporan
|
||||
Lap. Informasi Buku
|
||||
Lap. Anggota Perpustakaan
|
||||
Lap.Peminjaman Buku
|
||||
Lap. Pembayaran denda
|
||||
Informasi Buku
|
Anggota Perpustakaan
|
Peminjaman buku
|
Pembayaran Denda
|
|
LOGO MADRASYAH
|
||||
Gambar 3.6 Rancangan Menu Utama
3.
Rancangan Informasi Data Buku
Rancangan ini digunakan untuk penginputan data buku yang ada
diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia yang dilengkapi dengan menu pencarian data
buku yang telah diinput sebelumnya adapun rancangan informasi data buku adalah
sebagai berikut :
Aplikasi Perpustakaan
Buku
|
|||||||
Madrasyah Aliya Labibia Kendari
|
|||||||
Data Buku
|
Cari Data Buku
|
||||||
Kode Buku
|
Kode Buku
|
Cari
|
|||||
Judul Buku
|
|||||||
Pengarang
|
Database Buku
|
||||||
Penerbit
|
Kode Buku
|
Nama Buku
|
Pengarang
|
||||
Tahun Terbit
|
|||||||
Stock Buku
|
|||||||
Tombol
|
|||||||
Tambah
|
Edit
|
Hapus
|
Keluar
|
||||
Gambar 3.7 Rancangan Informasi Data Buku
4.
Rancangan Input Anggota Perpustakaan
Rancangan ini digunakan sebagai proses penginputan identitas
anggota baru perpustakaan sebagai syarat menjadi anggota perpustakaan adapun
racangan antar muka yang di desain adalah sebagai berikut :
Aplikasi Perpustkaan Buku
|
|||||
Madrasyah Aliyah Labibia Kendari
|
|||||
Identitas Anggota
|
Daftar Anggota Perpustakaan
|
||||
NIS
|
NIS
|
Nama
|
Alamat
|
||
Nama
|
|||||
Alamat
|
|||||
No Hp
|
|||||
Tambah
|
Edit
|
Hapus
|
Keluar
|
||
Gambar 3.8 Rancangan Anggota Perpustakaan
5.
Rancangan Input Peminjaman Buku
Rancangan ini didesain sebagai model form transaksi
peminjaman antara siswa dan petugas atau staf yang ada diperpustakaan adapun
rancangan yang didesain adalah sebagai berikut :
Aplikasi Perpustakaan
Buku
|
||||||||||
Madrasyah Aliya Labibia Kendari
|
||||||||||
Peminjaman Buku
|
||||||||||
NO Peminjaman
|
||||||||||
Nama Buku
|
Tambah
|
|||||||||
Stock Buku
|
Edit
|
|||||||||
Jumlah Pinjam
|
Sisa stock
|
Hapus
|
||||||||
Nama Peminjam
|
Keluar
|
|||||||||
Tanggal Pinjaman
|
||||||||||
Tanggal pengembalian
|
||||||||||
Cari Nama Buku
|
||||||||||
No Peminjam
|
Nama Buku
|
Jumlah Pinjaman
|
Nama Peminjam
|
|||||||
Gambar 3.9 Rancangan Peminjaman Buku
6.
Rancangan Pembayaran Denda
Rancangan ini didesain untuk anggota perpustakaan yang
melakukan peminjaman tetapi melakukan kelalaian maka anggota yang melakukan hal
tersebut akan dikenakan sangsi berupa sangsi denda adapun rancangan yang dibuat
adalah sebagai berikut :
Aplikasi Perpustakaan
Buku
|
|||||||
Madrasyah Aliya Labibia Kendari
|
|||||||
Data Buku
|
Tambah
|
||||||
Slip Bayar
|
Edit
|
||||||
Nama Buku
|
Hapus
|
||||||
Nama Peminjam
|
Keluar
|
||||||
![]() |
|||||||
Terlambat
|
Hilang
|
Rusak
|
|||||
Dikembalikan
|
|||||||
Gambar 3.10 Rancangan Pembayaran Denda
7.
Rancangan Laporan Data Buku
Laporan Data Buku
Perpustakaan Madrasya Aliya Labibia Kendari
|
|||||
Kd_Buku
|
Nama_Buku
|
Pengarang
|
Penerbit
|
Tahun
Terbit
|
Stock
|
Gambar 3.11 Rancangan Laporan Data Perpustakaan
8.
Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan
Laporan Anggota
Perpustakaan
|
|||
NIM
|
Nama
Anggota
|
Alamat
|
No
Hp
|
Gambar 3.12 Rancangan Laporan Anggota Perpustakaan
9.
Rancangan Laporan Peminjam Buku
Laporan Data Peminjam Buku
Pepustakaan
Madrasyah Labibia Kendari
|
|||||||
No
Peminjam
|
Nama
Buku
|
Jumlah
Pinjam
|
Nama
Peminjam
|
Tangal
Peminjam
|
Tanggal
Pengembalian
|
Lama
Pinjam
|
|
Gambar 3. 13 Rancangan Laporan Data Peminjam Buku
10. Rancangan Laporan Pembayaran Denda
Laporan Pembayaran Denda
|
|||
Slip
|
Nama_Buku
|
Nama_Peminjam
|
Total
|
Gambar 3.14 Rancangan Laporan Pembayaran Denda
BAB IV
IMPLEMENTASI SISTEM
A.
Perangkat
sistem yang digunakan
1.
Hardware
Perangkat Keras adalah peralatan-peralatan fisik yang
menunjang berdirinya sebuah komputer. Secara umum perangkat keras sistem
komputer terdiri dari keyboard (papan ketik), monitor (layar), CPU, dan
Printer.
Perangkat keras untuk
pengolahan data komputer terdiri dari atas perlengkapan yang mengerjakan fungsi
berikut:
1) Penyimpanan data
2) Memasukkan data pada komputer
3) Komputasi, pengendalian, dan penyimpanan utama
4) Keluaran dan komputer
Untuk memperoleh hasil yang baik, maka perlu diperhatikan
beberapa hal yaitu :
a. Satu
unit personal computer/Laptop
b. Memori
minimal 256 MB
c. Harddisk
sesuai kebutuhan
d. Printer,
Mouse dan Keyboard
2.
Software
Perangkat Lunak
merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer.
Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan
proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai
pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa
manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami
keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya
memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut. Perangkat lunak komputer berfungsi untuk
mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja
seluruh perangkat komputer terkontrol, mengatur dan membuat pekerjaan lebih
efisien.
Untuk sIstem ini
diperlukan perangkat lunak yaitu :
a. System
Operasi Windows XP atau versi yang lebih tinggi
b. Microst
Access 2007
c. Microsoft Visual Basic 6.0
3.
Brainware
Brainware
merupakan faktor sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam mengolah
sebuah program maupun menangani fasilitas komputer. Faktor brainware yang
dibutuhkan yaitu :
a. Sistem
analis yaitu orang yang bergerak dalam bidang pengembangan sistem yang akan
membentuk dan membangun fasilitas desain sistem
b. Programmer
yaitu orang yang akan menyusun instruksi bagi komputer dan merancang antar muka
pemakai (interface) pada program agar dapat digunakan oleh pemakai (user).
c. Programmer
terdiri dari :
1. Pemrogram
aplikasi yaitu programmer yang membuat aplikasi perangkat lunak untuk memenuhi
kebutuhan para pemakai.
2. Pemrogram
pemeliharaan yaitu programmer yang bertanggung jawab dalam memelihara,
memodifikasi, memperbaiki dan menjaga agar program dapat dipakai selama mungkin
atau dalam kurun waktu yang lama.
3. Pemrogram
sistem yaitu programmer yang membuat perangkat lunak sistem untuk mengontrol
operasi perangkat keras komputer dan
dapat menjalankan program aplikasi
B.
Implementasi
Sistem
Implementasi Sistem adalah
langkah-langkah atau prosedur sistem yang dilakukan untuk menyelesaikan
perancangan sistem yang telah disetujui seperti menguji, menginstal dan melalui
menggunakan system yang baru atau sistem yang diperbaiki. Pada tahap
implementasi, terlebih dahulu dilakukan pengujian sistem. Setelah terlihat ada
kesalahan yang ditemukan didalam pengujian maka sistem tersebut akan diperbaiki
dan pengujian sistem dilanjutkan ketahap operasi yang nyata.
Tujuan Implementasi Sistem adalah :
1. Menyelesaikan
desain sistem yang ada dalam dokumen desain sistem
2. Menguji
dan mendokumentasikan program dan prosedur sistem
3. Memastikan
bahwa user dapat mengoperasikan sistem baru dengan mempersiapkan manual
pemakaian dan melatih user
4. Memperhitungkan
bahwa sistem memenuhi permintaan user yaitu dengan menguji sistem secara
menyeluruh.
5. Memastikan
bahwa konversi ke sistem baru berjalan dengan benar yaitu dengan membuat
rencana, mengontrol dan melakukan instalasi sistem baru dengan baru
Langkah-langkah
dalam mengimplementasikan sistem adalah sebagai berikut :
a. Pemilihan
dan pelatihan user
b. Menyelesaikan
desain sistem
c. Pemilihan
tempat dan instalasi software dan hardware
d. Menulis,
menguji, mengontrol dan mendokumentasikan program
e. Menyelesaikan
manual pemakai
f. Konversi
manual
C.
Prosedur
Pengoperasian Sistem
Tahap ini merupakan tahap akhir dari
proses membangun sebuah Sistem informasi peminjaman buku pada perpustakaan
Madrasyah Aliyah Kendari . Dalam tahap ini semua rancangan yang sudah dibuat
kemudian diterjemahkan dengan menggunakan bahasa pemograman sehingga menjadi
sebuah sistem.
Tahap yang dilakukan sebelum
mengimplementasikan rancangan interface
adalah mengkoneksikan database dengan
aplikasi sistem yang akan dibangun pada Visual Basic 6.0. Untuk membuat koneksi
database ini, digunakan fasilitas
Module pada Visual Basic 6.0.
Setelah koneksi dibuat, maka dilanjutkan
pada pengimplementasian rancangan interface
di Visual Basic 6. 0.
Implementasi aplikasi Sistem informasi peminjaman buku memiliki
tampilan-tampilan form dan report sebagai berikut :
1. Tampilan Login
Jika tombol login ditekan maka tampil form
login yang menanyakan user dan password,
dari pengguna. Form ini merupakan form yang
membatasi pengguna dalam program basis data sistem
peminjam buku . Tampilan halaman Login
adalah:
![]() |
Gambar
4.1 Tampilan Form Login
2. Tampilan
Menu Utama
Form menu utama adalah menu tampilan awal sebelum
masuk ke subprogram berikutnya form ini terdapat sub program yang berisi
Penginputan informasi data buku, penginputan
anggota perpustakaan, informasi data peminjam
dan transaksi peminjaman buku
![]() |
Gambar 4.2 Tampilan Form Menu Utama
3. Tampilan
Form Data Buku
Form ini digunakan sebagai penginputan data buku
yang masuk di Madrasyah Aliya Labibia Kendari dimana ada beberapa field yang
digunakan untuk menunjang data Informasi buku sehingga menghasilkan kualitas
informasi yang baik adapun rancangan tampilan formnya adalah sebagai berikut :
![]() |
Gambar 4.3 Tampilan Form Informasi data Buku
4. Tampilan
Input Anggota
Form ini digunakan sebagai form pendaftaran angggota
baru sebagai syarat untuk melakukan transaksi peminjaman buku dimana ada
beberapa data yang harus diinput di bagian petugas pendaftaran sebagai syarat siswa
untuk mendapatkan kartu anggota baru.
Adapun tampilan form Informasi Anggota
Perpustakaan adalah sebagai berikut :
![]() |
Gambar
4.4 Tampilan Form Input Anggota
5. Tampilan
Form Peminjaman Buku
Form ini digunakan sebagai form transaksi peminjaman
buku antara petugas atau staff perpustakaan dengan siswa yang akan meminjam
buku dimana form ini berisi tentang informasi nama buku yang akan dipinjam,
stok yang tersedia, nama yang meminjam tanggal peminjaman, batas tanggal
pengembalian dan lama peminjaman. Adapun tampilan form peminjaman buku yang
dibuat adalah sebagai berikut :
![]() |
Gambar 4.5 Tampilan Form Peminjaman Buku
6. Halaman
Form Pembayaran Denda
Form
ini gunakan untuk siswa yang melakukan transaksi peminjama buku tetapi lambat
pada proses pengembaliannya sehingga form denda peminjaman digunakan untuk
mengetahui seberapa banyak siswa yang
melakukan transaksi denda dan dari form ini juga disiapkan tiga hal mengapa
siswa atau anggota perpustakaan dikenakan biaya lebih yaitu keterlambatan
pengembalian, buku rusak dan hilang sehingga denda biasa dikenakan sesuai
dengan kesalahan yang dilakukan oleh peminjam buku
![]() |
Gambar 4.6
Tampilan Form Pembayaran Denda
7. Tampilan
Laporan Persediaan Buku
Laporan ini untuk digunakan untuk melihat posisi
stok akhir buku yang tersedia diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia.Adapun
tampilan laporan yang dibuat adalah sebagai berikut :

Gambar
4.7 Tampilan Laporan Persediaan Buku
8. Halaman
Laporan Anggota Perpustakaan
Laporan ini digunakan oleh staff administrasi
perpustakaan untuk mengetahui jumlah pendaftar anggota perpustakaan yang ada
dan laporan ini dibuat sebagai bentuk pendataan dan informasi kepada pimpinan
atau direktur . Adapun Tampilan laporan yang dibuat adalah sebagai berikut
:

Gambar 4.8 Laporan
Anggota Perpustakaan
9. Tampilan
Laporan Peminjam Buku
Laporan
ini dibuat untuk mengetahui berapa banyak anggota perpustakaan yang meminjam
buku dan dapat diketahui tanggal peminjaman, tanggal pengembalian dan lama
pinjam diperpustakaan Madrasyah Aliya Labibia Kendari

Gambar
4.9 Laporan Informasi Peminjaman Buku
10.
Laporan Pembayaran Denda

Gambar 4.10 Laporan Pembayaran denda
D.
Pengujian Sistem
Pengujian
sistem dilakukan dengan uji operasional
merupakan uji yang dilakukan untuk memeriksa bagaimana
program bertindak dalam keadaan realistis. Pengujian
dilakukan dengan menjalankan program kemudian mengaktifkan seluruh bagian
sesuai dengan urutan yang diberikan pada menu-menu dan perintah-perintah yang
ada disetiap program yang dijalankan. Secara operasional program yang telah
dibuat dapat beroperasi
dengan baik dan sudah sesuai dengan yang telah dirancang pada
bagian-bagian bagan alir data.
Sesuai dengan pengujian yang dilakukan maka program dapat
dikatakan bekerja dengan
baik dan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat. Pembuatan program basis
data peminjaman buku dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan
dilakukan pelatihan atau tutor bagi user yang akan menggunakan aplikasi ini.
Setelah program selesai dibuat
maka tahap berikutnya adalah uji coba terhadap program yang telah dibuat
tersebut, untuk memastikan apakah sistem yang dibangun dapat berjalan dengan
baik atau tidak. Uji coba yang dilakukan pada
program dengan menggunakan Metode Black
Box Test.
Metode
black box test atau functional test merupakan pengujian kebenaran
sistem atau fungsi-fungsi yang ada pada program dan dilakukan untuk mengamati
kesinambungan antara masukan dan keluaran dengan meminta responden untuk
memberikan penilaian. Tanggapan yang diminta adalah komentar secara lisan dan
menjawab quisoner daftar pertanyaan.
Pengujian
sistem dilakukan dengan untuk memeriksa
bagaimana program
bertindak dalam keadaan realistis. Pengujian dilakukan dengan menjalankan
program kemudian mengaktifkan seluruh bagian sesuai dengan urutan yang diberikan
pada menu-menu dan perintah-perintah yang ada disetiap program yang dijalankan.
Secara operasional program yang telah dibuat dapat
beroperasi dengan baik dan sudah sesuai dengan yang telah
dirancang pada bagian-bagian
bagan alir data. Sesuai
dengan pengujian yang dilakukan maka program dapat dikatakan bekerja
dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan yang
dibuat. Pembuatan program sistem peminjaman buku pada perpustakaan MAdrasyah
Aliya Labibia Kendari dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0
dan keterangan mengenai pembuatan program ini juga telah dimasukkan dalam
program sebagai sebuah panduan bagi pengguna.
Dengan uji coba yang dilakukan meskipun sistem yang baru
telah dibuat tetapi seorang programmer tidak boleh melupakan prinsip-prinsip
pengembangan sistem berupa :
1. Sistem
yang dikembangkan adalah untuk manajemen
2. Sistem
yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar
3. Sistem
yang dikembangakan memerlukan orang yang terdidik
4. Tahapan
kerja dan tugas-tugas yang baru dilakukan dalam proses pengembagan sistem
5. Proses
pengembangan sistem tidak harus urut
6. Dokumentasi
harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem
Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
BalasHapus