contoh laporan supervisi akademik madrasah aliyah tahun 2017-2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan kebijakan tentang
pengkategorian madrasah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional
pendidikan ke dalam kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional.
Penjelasan Pasal 11, Ayat 2 dan Ayat 3 Peraturan Pemerintah tersebut
menyebutkan bahwa dengan diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan, maka
Pemerintah memiliki kepentingan untuk memetakan sekolah/madrasah menjadi
sekolah/madrasah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan
dan sekolah/madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Terkait
dengan hal tersebut, Pemerintah mengkategorikan sekolah/madrasah yang telah
memenuhi atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori
mandiri, dan sekolah/ madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan
ke dalam kategori standar.
Penjelasan tersebut memberikan
gambaran bahwa kategori sekolah standar dan mandiri didasarkan pada
terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses,
standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar
sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar
penilaian pendidikan). Pemerintah telah menetapkan bahwa satuan pendidikan
wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut paling lambat 7 (tujuh) tahun
sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah tersebut. Hal tersebut dapat di
kategori madrasah mandiri.
Secara umum tujuan dari program
pengawasan adalah: 1) mendorong madrasah untuk dapat menyelenggarakan
pendidikan agar mencapai kondisi memenuhi/hampir memenuhi standar nasional
pendidikan, 2) memberikan arahan upaya-upaya yang harus dilakukan sekolah untuk
dapat memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 3) memberikan
pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan pengawasan dalam kurun waktu
tertentu, 4) menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder
pendidikan di MA DDI Labibia baik
ditingkat pusat dan daerah dalam mengembangkan pengawasan, dan 5) mendapatkan
model/rujukan pengawasan. Program pengawasan terdiri dari beberapa kegiatan
yaitu identifikasi profil sekolah berdasarkan data yang dijaring melalui
inventarisasi kondisi sekolah; penyusunan program kerja oleh sekolah;
penilaian, penyempurnaan dan penyepakatan program kerja melalui asistensi dan
sinkronisasi program; dan Supervisi hasil pelaksanan program sekolah.
Berkaitan dengan program madrasah
tersebut di atas, tindak lanjut pembinaan yang dilakukan oleh kepala madrasah
adalah melakukan Supervisi keterlaksanaan program sekolah yang telah disusun
oleh pihak sekolah dan pencapaian profil sekolah yang sesuai standar nasional
pendidikan. Kegiatan Supervisi dilakukan sebagai upaya pembinaan untuk memantau
keterlaksanaan program kerja dan pencapaian profil madrasah.
B.
Tujuan
Supervisi di laksanakan dengan tujuan:
1. Mengumpulkan informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program,
yang mencakup:
a.
Penyusunan
program pembelajaran
b.
Pelaksanaan
pembelajaran
c.
Pelaksanaan Supervisi pembelajaran dan,
d.
Tindak lanjut hasil pembelajaran
2. Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran
sesuai SNP
3. Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan keterlaksanaan
program
4. Tersusunnya program tindak lanjut
hasil Supervisi madrasah untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.
C.
Sasaran
Sasaran Supervisi adalah guru
dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya. Sasaran Supervisi yang akan
dilakukan pada semua komponen pelaksana program madrasah.
D. Hasil yang
Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dari Supervisi adalah:
1.
Adanya
informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program,
yang mencakup:
a. Penyusunan
program pembelajaran
b. Pelaksanaan
pembelajaran
c. Pelaksanaan
Supervisi pembelajaran dan,
d. Tindak
lanjut hasil pembelajaran
2.
Teridentifikasinya
tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
3.
Teridentifikasinya
hambatan, kelemahan, keberhasilan dan keterlaksanaan program
4.
Tersusunnya
tindak lanjut hasil Supervisi sekolah.
BAB II
PROGRAM
KEGIATAN SUPERVISI
A.
Pengorganisasian
Kegiatan Supervisi, pelaksanaannya oleh Kepala Madrasah, bekerjasama dengan pengawas madrasah.
B.
Waktu dan Tempat
Supervisi di MA
DDI Labibia dilaksanakan selama 2
x setahun atau persemester disesuaikan dengan jenis kegiatan, sesuai dengan
jadwal.
Daftar nama Guru dan kegiatan Supervisi terlampir.
C.
Petugas
1. Jumlah dan unsur
Jumlah
petugas Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah serta dapat di bantu oleh
guru senior.
2. Tugas dan
tanggungjawab
a.
Melakukan temu
awal dengan Kepala madrasah untuk menjelaskan maksud, tujuan, kegiatan,
dan jadwal pelaksanaan Supervisi
b.
melakukan wawancara sebelum
pelaksanaan supervisi.
3. Mengolah data dan informasi dalam instrumen Supervisi dan format
keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program
4. Menyusun tindak lanjut hasil Supervisi pada format keberhasilan dan
permasalahan pelaksanaan program
5. Pada hari
terakhir melakukan pertemuan antara Kepala Sekolah dan staf yang ditunjuk untuk
menjelaskan hasil pelaksanaan Supervisi.
D.
Perangkat
Perangkat Supervisi terdiri dari:
1. Instrumen
penilaian administrasi proses pembelajaran.
2. Instrumen
pengamatan proses pembelajaran.
E. Responden
Responden Supervisi adalah sebagai berikut:
1.
Supervisi administrasi program pembelajaran Responden adalah guru.
2.
Supervisi
pelaksanaan program pembelajaran Responden
adalah guru dan
siswa
3.
Supervisi
pelaksanaan Supervisi pembelajaran Responden
adalah guru dan
siswa
4.
Supervisi pelaksanaan tindak
lanjut hasil Supervisi pembelajaran Responden
adalah guru dan
siswa
F. Strategi Pelaksanaan
a.
Temu awal
Temu awal
merupakan kegiatan yang di laksanakan Kepala Sekolah untuk menjelaskan maksud,
tujuan, jadwal,dan substansi materi pelaksanaan Supervisi. Kegiatan temu awal
diupayakan tidak menggunakan waktu terlalu lama.
b.
Pelaksanaan
Supervisi
1) Pembagian waktu
Agar pelaksanaan Supervisi
terlaksana efektif dan efisien serta dapat menjaring informasi yang optimal dan
akurat, maka perlu dilakukan pembagian waktu. Pembagian waktu dilakukan
berdasarkan jadwal mengajar guru yang akan di Supervisi.
2) Pengumpulan data dan informasi
Pengumpulan data dan informasi
dilakukan melalui wawancara, studi dokumen dan studi lapangan dengan responden.
a.
Wawancara
Wawancara merupakan
kegiatan diskusi dan tanya jawab dengan responden berkaitan dengan materi
Supervisi. Substansi wawancara mengacu pada instrumen Supervisi.
b.
Studi dokumen
Studi dokumen merupakan
pengecekan ketersediaan, kualitas dan kebenaran dokumen, naskah yang terkait
dengan substansi Supervisi.
c.
Studi lapangan
Studi lapangan merupakan pengamatan langsung ke obyek Supervisi dan Supervisi seperti ruang kelas, aktivitas pembelajaran, dan lain-lain.
Secara teknis, kegiatan
wawancara, studi dokumen dan studi lapangan dapat dilakukan secara terintegrasi
sesuai dengan materi yang mengacu pada instrumen Supervisi.
c.
Layanan
asistensi
Layanan asistensi merupakan
kegiatan pemberian pelayanan teknis dan manajerial yang diberikan oleh Kepala Madrasah
kepada Guru melalui diskusi interaktif
terkait dengan hasil Supervisi. Layanan asistensi dilakukan terintegrasi dengan
kegiatan pengumpulan data dan informasi (wawancara, studi dokumen dan studi
lapangan). Layanan asistensi dapat diberikan dalam bentuk saran dan masukan,
dan perbaikan ringan sepanjang petugas mampu melaksanakannya.
d.
Temu akhir
Temu akhir dilaksanakan oleh
kepala madrasah untuk menyerahkan copy hasil Supervisi
yang sudah disepakati kepada guru berupa:
1.
Hasil Supervisi
keterlaksanaan program pembelajaran.
2.
Keberhasilan
dan permasalahan pelaksanaan program pembelajaran.
G. Pelaporan
1.
Laporan
pelaksanaan Supervisi mengacu pada perangkat / instrumen Supervisi yang
disediakan
2.
Penyerahan
berkas hasil Supervisi kepada guru untuk dapat persetujuan
3.
Kepala madrasah menyampaikan
laporan rangkuman hasil Supervisi kepada Pengawas Madrasah
H. Pembiayaan
Supervisi yang
dilakukan Keapala Madrasah dibiayai oleh sekolah. Ketentuan mengenai pembiayaan kegiatan ini disesuaikan dengan Rencana
Kerja Anggaran Madrasah (RKAM ).
I. Program Kegiatan:
PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
|
|||||||||||
SEMESTER I
|
|||||||||||
No
|
Program
|
Jenis Kegiatan
|
Sasaran
|
Waktu Pelaksanaan (Bulan) 2016
|
Ket.
|
||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||||||
1.
|
Perencanaan
|
Penyusunan
Program
|
Program
Supervisi
|
||||||||
Pembuatan
Instrumen
|
Instruemen
Supervisi
|
||||||||||
2
|
Pelaksanaan
|
Observasi
kelas
|
Semua Guru
|
||||||||
Supervisi
Adm. KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
Supervisi
KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
3
|
Tindak
Lanjut
|
Hasil
Supervisi Adm
|
Data
hasil Supervisi Adm
|
||||||||
Hasil
Supervisi Kelas&KBM
|
Data
hasil Supervisi Adm
|
||||||||||
Perencanaan
|
Program
Tindak lanjut
|
||||||||||
Pelaksanaan
|
Pelaksanaan
Pembinaan
|
||||||||||
Pelaporan
|
Laporan
|
||||||||||
Dokumentasi
|
Arsip
|
J. Jadwal Kegiatan
JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
|
||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
|
||||||||||
SEMESTER I
|
||||||||||
No
|
Nama Guru/Nip
|
Pelaksanaan Supervisi
|
kls
|
Keterangan
Bidang Studi
|
||||||
Adm Pembelajaran
|
Supervisi KBM
|
|||||||||
1
|
Rusman, S.
Ag, MA
197206152006041033
|
9 Agustus 2016
|
9 Agustus
2016
|
X
|
Bhs Arab
|
|||||
2
|
Hasbiah D.
S. Pd
197801242005012004
|
6 Oktober 2016
|
6
Oktober 2016
|
XI
|
Matematika
IPA
|
|||||
3
|
Ratmaidha,
S. Pd
197808152005012006
|
18 Oktober 2016
|
18 Oktober 2016
|
XI
|
B.Inggeris
|
|||||
4
|
Kartini,
S. Ag
197012312006042008
|
29 September 2016
|
29 September 2016
|
X
|
Fiqih
|
|||||
5
|
Risnayati
Nur
197406042005012004
|
18 Otober 2016
|
18 Oktober 2016
|
XI
|
Biologi
|
|||||
6
|
Yaco, S.
Pd
|
6 Agustus 2016
|
6 Agustus 2016
|
X
|
PKN
|
|||||
7
|
Fathuddin,
S. Ag
|
26 Juli 2016
|
26 Juli 2016
|
X
|
Sejarah
|
|||||
8
|
Rasmahwati,
S. Sos
|
26 Oktober 2016
|
26 Oktober 2016
|
XI
|
Sosiologi
|
|||||
9
|
Dewiningsih,
S. Pd
|
6 Oktober 2016
|
6 Oktober 2016
|
X
|
Ekonomi
|
|||||
10
|
Sahrun, S.
PdI
|
28 September 2016
|
28 September 2016
|
XI
|
Quran Hadits
|
|||||
11
|
Sutina
Aryani, S. Pd
|
13 Agustus
2016
|
13 Agustus
2016
|
X
|
TIK
|
|||||
12
|
Hastian,
S. Pd
|
22 Juli 2016
|
22 Juli 2016
|
XI
|
B.Indonesia
|
|||||
13
|
Mansur, B.
S. Pd
|
Penjaskes
|
||||||||
14
|
Muh. Rajib
Said, S. Pd
|
Seni Budaya
|
||||||||
15
|
Farman
Garinsi, S. Pd
|
Kimia
|
||||||||
16
|
Al Akbar,
S. Pd
|
Geografi
|
||||||||
K. Program Kegiatan:
PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
|
|||||||||||
SEMESTER II
|
|||||||||||
No
|
Program
|
Jenis Kegiatan
|
Sasaran
|
Waktu Pelaksanaan (Bulan) 2017
|
Ket.
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||
1.
|
Perencanaan
|
Penyusunan
Program
|
Program
Supervisi
|
||||||||
Pembuatan
Instrumen
|
Instruemen
Supervisi
|
||||||||||
2
|
Pelaksanaan
|
Observasi
kelas
|
Semua Guru
|
||||||||
Supervisi
Adm. KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
Supervisi
KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
3
|
Tindak
Lanjut
|
Hasil
Supervisi Adm
|
Data
hasil Supervisi Adm
|
||||||||
Hasil
Supervisi Kelas&KBM
|
Data
hasil Supervisi Adm
|
||||||||||
Perencanaan
|
Program
Tindak lanjut
|
||||||||||
Pelaksanaan
|
Pelaksanaan
Pembinaan
|
||||||||||
Pelaporan
|
Laporan
|
||||||||||
Dokumentasi
|
Arsip
|
L. Jadwal Kegiatan
JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
|
|||||||||||
SEMESTER II
|
|||||||||||
No
|
Nama Guru/Nip
|
Pelaksanaan Supervisi
|
kls
|
Keterangan
Bidang Studi
|
|||||||
Adm Pembelajaran
|
Supervisi KBM
|
||||||||||
1
|
Rusman, S.
Ag, MA
197206152006041033
|
15 – 2 - 2017
|
15 – 2 - 2017
|
X
|
B.Arab
|
||||||
2
|
Hasbiah D.
S. Pd
197801242005012004
|
22 – 2 - 2017
|
22 – 2 – 2017
|
XI
|
Matematika
IPS
|
||||||
3
|
Ratmaidha,
S. Pd
197808152005012006
|
21 – 2 - 2017
|
21 – 2 - 2017
|
X
|
B.Inggeris
|
||||||
4
|
Kartini,
S. Ag
197012312006042008
|
6 – 3 -
2017
|
6 – 3 - 2017
|
X
|
Fiqih
|
||||||
5
|
Risnayati
Nur
197406042005012004
|
27 – 2 - 2017
|
27 – 2 - 2017
|
X
|
Biologi
IPA
|
||||||
6
|
Yaco, S.
Pd
|
9 – 3 - 2017
|
9 – 3 - 2017
|
XI
|
PKN
|
||||||
7
|
Fathuddin,
S. Ag
|
Sejarah
|
|||||||||
8
|
Rasmahwati,
S. Sos
|
9 – 3 – 2017
|
9 – 3 - 2017
|
XI
|
Sosiologi
|
||||||
9
|
Dewiningsih,
S. Pd
|
23 – 2 - 2017
|
23 – 2 - 2017
|
X
|
Ekonomi
ipa
|
||||||
10
|
Sahrun, S.
PdI
|
27 – 2 -
2017
|
27 – 2 -
2017
|
x
|
Q. Hadits
|
||||||
11
|
Sutina
Aryani, S. Pd
|
3 – 1 - 2017
|
3 – 1 - 2017
|
XI
|
TIK
|
||||||
12
|
Hastian,
S. Pd
|
6 – 1 - 2017
|
6 – 1 - 2017
|
XI
|
B.Indonesia
|
||||||
13
|
Mansur, B.
S. Pd
|
Penjaskes
|
|||||||||
14
|
Muh. Rajib
Said, S. Pd
|
Seni
budaya
|
|||||||||
15
|
Farman
Garinsi, S. Pd
|
Kimia
|
|||||||||
16
|
Al Akbar,
S. Pd
|
Geografi
|
|||||||||
BAB III
PELAKSANAAN
DAN HASIL SUPERVISI
A. Prosedur Supervisi Akademik
Berlangsung dalam suatu SIKLUS dengan 3 tahap utama
1.
Tahap Pertemuan Awal
a.
Guru diberi angket berisi macam-macam administrasi
kelas
b.
Mengkaji administarasi/ tugas tanggung jawab.
c.
Kesimpulan
pengkajian – kesepakatan tentang waktu
2.
Tahap kunjungan
kelas dan Observasi Mengajar
Guru yang sedang mengajar
diobservasi oleh supervisor sesuai dengan tindakan perbaikan & waktu
yang disepakati.
3.
Tahap
Pertemuan Setelah Observasi
a.
Memberikan
penguatan pendapat/perasaan
b.
mengulas
kembali permasalahan dalam pekerjaan
c.
mengulas
kembali angket yang telah diisi.
d.
Memberikan pembinaan
e.
menetapkan tindak lanjut
B. Pelaksanaan Supervisi Akademik
Supervisi
yang dilaksanakan adalah supervisi kunjungan kelas. Kepala madrasah sebagai
supervisor mengunjungi kelas dan melakukan observasi dan wawancara serta studi
dokumen. Supervisor sambil melakukan kunjungan kelas mengisi instrumen yang
telah disiapkan dari instrumen yang saat
pelaksanaan supervisi merupakan dokumen hasil supervisi terhadap administrasi
guru dan proses pembelajaran. Dari hasil pengisian intrumen tersebut dapat
diketahui seberapa tingkat kemampuan guru dalam penyusunan administrasi
pembelajaran dan proses pembelajaran.
C.
Hasil Supervisi Akademik
Supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas untuk mengetahui keadaan kelas
apakah sesuai dengan hasil pengisian instrumen. Disamping itu kepala madrasah melakukan observasi pelaksanaan KBM. Dari hasil penyebaran instrumen dan
observasi kelas dapat dilihat pada tabel-tabel hasil supervisi berikut ini.:
Tabel hasil
supervisi guru tahun pelajaran 2016 / 2017.
Semester I
NO
|
NAMA / NIP
|
NILAI SUPERVISI
|
KETERANGAN
|
|||||
ADM
PBM
|
PENGAMATAN
PBM
|
RATA
RATA
|
SANGAT
BAIK
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
||
1.
|
RUSMAN, S.
Ag, MA/
197206152006041033
|
107
|
90
|
98,5
|
ü
|
|||
2.
|
HASBIAH D,
S. Pd/
197801242005012004
|
100
|
92
|
96
|
ü
|
|||
3.
|
RATMAIDHA,
S. Pd
197808152005012004
|
99
|
88
|
93,5
|
ü
|
|||
4.
|
KARTINI, S. Ag
197012312006042008
|
82
|
88
|
85
|
ü
|
|||
5.
|
RISNAYATI
NUR, S.Pd
197406042005012004
|
88
|
86
|
87
|
ü
|
|||
6.
|
YACO, S.Pd
|
68
|
68
|
68
|
ü
|
|||
7.
|
RASMAHWATI,
S. Sos
|
77
|
75
|
76
|
ü
|
|||
8.
|
DEWININGSIH,
S. Pd
|
95
|
87
|
91
|
ü
|
|||
9.
|
SAHRUN, S.
PdI
|
79
|
65
|
72
|
ü
|
|||
10.
|
FATHUDIN,
S. Ag
|
71
|
72
|
71,5
|
ü
|
|||
11.
|
SUTINA
ARYANI, S. Pd
|
77
|
84
|
80,5
|
ü
|
|||
12.
|
HASTIAN,
S. Pd
|
80
|
69
|
84
|
ü
|
|||
13.
|
AL AKBAR, S. Pd
|
83
|
88
|
85,5
|
ü
|
|||
14.
|
FARMAN
ALFARISI, S, Pd
|
Tabel hasil supervisi guru tahun pelajaran 2016 /
2017.
Semester II
NO
|
NAMA /
NIP
|
NILAI
SUPERVISI
|
KETERANGAN
|
|||||
ADM
PBM
|
PENGAMATAN
PBM
|
RATA
RATA
|
SANGAT
BAIK
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
||
1.
|
RUSMAN, S. Ag, MA/
197206152006041033
|
97
|
93
|
95
|
ü
|
|||
2.
|
HASBIAH
D, S. Pd/
197801242005012004
|
99
|
95
|
97
|
ü
|
|||
3.
|
RATMAIDHA, S. Pd
197808152005012004
|
91
|
90
|
90,5
|
ü
|
|||
4.
|
KARTINI, S.
Ag
197012312006042008
|
80
|
85
|
82,5
|
ü
|
|||
5.
|
RISNAYATI NUR, S.Pd
197406042005012004
|
79
|
97
|
88
|
ü
|
|||
6.
|
YACO, S.Pd
|
75
|
71
|
73
|
ü
|
|||
7.
|
RASMAHWATI, S. Sos
|
87
|
86
|
86,5
|
ü
|
|||
8.
|
DEWININGSIH, S. Pd
|
96
|
85
|
90,5
|
ü
|
|||
9.
|
SAHRUN, S. PdI
|
75
|
54
|
64,5
|
ü
|
|||
10.
|
Fathuddin, S. Ag
|
|||||||
11.
|
SUTINA ARYANI, S. Pd
|
73
|
77
|
75
|
ü
|
|||
12.
|
HASTIAN, S. Pd
|
73
|
75
|
74
|
ü
|
|||
13.
|
AL AKBAR, S.
Pd
|
75
|
86
|
80,5
|
ü
|
|||
14.
|
FARMAN
ALFARISI, S, Pd
|
BAB IV
TINDAK
LANJUT HASIL SUPERVISI
Hasil supervisi perlu ditindaklanjuti untuk memenuhi standar dan guru diberi
kesempatan untuk mengikuti pelatihan.
Dalam tindak
lanjut kali ini kepala sekolah memanggil guru yang bersangkutan, sekaligus
memperlihatkan hasil supervisi. Bagi guru yang mendapatkan nilai cukup atau
kurang, mendapat bimbingan langsung dari kepala madrasah atau guru profesional
yang di tunjuk kepala madrasah guna pembimbingan lebih lanjut, sehingga
hasilnya kedepan yang lebih baik lagi.
BAB V
KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
A. Kesimpulan
1.
Supervisi
dilakukan untuk mendapatkan gambaran proses dan hasil pelaksanaan program
sekolah bidang pembelajaran.
2.
Supervisi
dilaksanakan dengan metode kuesioner, diskusi, wawancara, studi dokumen dan
studi lapangan.
3.
Kegiatan
supervisi melibatkan responden Guru, Penanggung Jawab TIK, Staf TU, Siswa dan
Komite Sekolah.
4.
Dari hasil
supervise dapat diketahui kelemahan dari guru yang perlu ditingkatkan, sehingga
di masa mendatang dapat berkembang secara maksimal.
5.
Dari hasil
supervisi yang dilaksanakan telah
menghasilkan hal-hal sebagai berikut:
a). Sebagian besar guru telah dapat membuat dan menyusun administrasi program
pembelajaran.
b). Hanya masih ada beberapa guru yang perlu dibina untuk memahami dan meningkatkan
kompetnsinya tentang penyusunan administrasi pembelajaran.
c). Proses pembelajaran sudah menunjukkan kesesuaian dengan RPP yang telah
disusun, namun perlu diarahkan pada proses pembelajaran model PAIKEM yang
mengarah pada anak sebagai subjek pembelajaran.
d). Dalam kegiatan supervisi perlu adanya pembinaan secara khusus tentang
tehnik penilaian. Hal ini perlu diarahkan pada instrumen dan model penilaian
yang variatif.
B. Rekomendasi
1.
Dari hasil
supervisi terhadap guru pada semester I dan II ini diharapkan adanya kerja sama antara kepala sekolah dan guru untuk:
a.
Saling
meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan tugas sebagai guru.
b.
Supervisi
jangan dianggap sebagai kegiatan untuk menilai, mencari keslahan dan
sebagainya, tetapi merupakan suatu cara untuk saling sharing dan berusaha
meningkatkan kemampuan.
c.
Dalam kegiatan
supervisi guru dapat secara aktif meminta kepada kepala sekolah atau guru
senior untuk mengamati, menilai kinerjanya supaya tahu apakah masih ada
kekurangan. Berawal dari kekurangan tersebut guru minta saran dan bimbingan
untuk meningkatkan kemampuannya dalam pembelajaran atau dalam bidang
administrasi.
d.
Pekerjaan
supervisi bukan tugas kepala sekolah saja termasuk pengawas madrasah juga aktif dalam pelaksanaan supervisi yang selama ini yang telah dilaksanakan.. Kalau hal ini dapat berjalan
dengan baik diharapkan mutu pendidikan akan meningkat, karena segala masalah
yang timbul dapat diatasi bersama oleh beberapa pihak yang berkompeten. Masalah
seperti ini yang sangat diharapkan oleh guru karena selama ini kesalahan hanya
ditumpukan pada guru dan kepala madrasah.
e.
Pihak Kementerian
Agama Kota Kendari, diharapkan supaya berperan aktif
untuk menfasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan supervisi. Meliputi
pembekalan secara khusus tentang tehnik dan perangkat berupa instrumen. Tidak
kalah pentingnya juga pelaksanaan tindak lanjut hasil supervisi yang menjadikan
permasalahan rendahnya mutu pendidikan perlu dikaji dan dicari solusinya.
Kendari, 10
Juni 2017.
Kepala
B
A H R I N, S. PdI, MA
NIP: 196906101991031004
Izin download ya?
BalasHapusTerimakasih.
Izin download ya...sebagai bahan pembelajaran. Terima kasih
BalasHapusIzin download ya, sebagai bahan pembelajaran, tks
BalasHapusizin copas ya buat bahan PKKM
BalasHapus